Mahasiswa Fakultas Teknik ULM Raih Juara 2 Dan 3 Pekan Ilmiah Pertambangan 4.0

0

MAHASISWA Program Studi Teknik Pertambangan (PSTP) Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) meraih prestasi dalam Lomba Pekan Ilmiah Tambang 4.0 yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur pada tanggal 1-3 November 2022.

PADA gelaran tersebut, Mahasiswa PSTP Fakultas Tehnik ULM diwakili Muhammad Ali Akbar dan Khusnul Qhotimah yang meraih juara 2 dalam kategori Lomba Mining Solution. Kemudian disusul Mc Donny Alfarez dan Annisa Akcaya Putri serta Fikrul Ilmi meraih juara 3 dengan kategori Lomba Mining Science Competition.

Ketua Program Studi Teknik Pertambangan (PSTP) Fakultas Teknik ULM Agus Triantoro merasa bangga, mahasiswanya berhasil meraih juara 2 dan 3 pada lomba tersebut.

BACA: Singkirkan Banyak Perguruan Tinggi, Arsitektur ULM Raih Juara 1 Sayembara Nasional

Agus menjelaskan, tujuan dari lomba tergantung cabang lomba yang diikuti. Seperti mine plan untuk belajar mendesign tambang, mine solution untuk memecahkan suatu kasus di dunia pertambangan, ada juga mine science competition untuk melatih luasnya pemahaman tentang pertambangan.

“Dalam lomba itu, Prodi Teknik Pertambangan FT ULM mengirim delegasi sebanyak 2 tim, dan keduanya meraih juara,” ujarnya.

Dari perlombaan tersebut Agus mengakui mahasiswanya menghadapi tantangan dengan yakni, siap mental dan mampu bersaing dengan berbagai universitas di Indonesia. “Mereka mampu menjawab berbagai pertanyaan, mulai dari masalah pertambangan umum hingga spesifik seperti geoteknik, deskripsi batuan dan lain-lain,” ucapnya.

BACA JUGA: Membanggakan, Tim Fakultas Kedokteran ULM Juarai Olimpiade Anatomi Nasional Amygdala 2022

“Keberhasilan itu tentu membuat kita bahagia dan bersyukur, karena perjuangan tim mendapatkan hasil yang baik. Harapan kami kedepan, agar kegiatan perlombaan seperti ini terus dilaksanakan dan ditingkatkan, baik dari peserta dan materi lombanya,” imbuhnya.

Hasil ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat khususnya mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan lainnya agar tetap semangat meraih prestasi.

“Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari dukungan para pembimbing mereka yakni Ahmad Ali Syafi’i dan Nurhakim, serta kami ucapkan terimakasih kepada pimpinan Fakultas Teknik serta Rektor ULM atas dukungannya.” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.