Tingkatkan Kompetensi, Rescuer Basarnas Banjarmasin Ikuti Latihan SAR

0

DALAM rangka meningkatkan kompetensi Rescuer, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin menggelar latihan SAR Beregu Teknik pencarian dan pertolongan di gunung dan hutan yang dilaksanakan  23-25 Agustus 2022  di Kantor Basarnas Banjarmasin dan aplikasi Gunung Hutan di Bukit Kiram, Kabupaten Banjar.

SEBANYAK 10 Rescuer Basarnas Banjarmasin mengikuti pembukaan Latihan SAR (Pencarian dan Pertolongan) beregu yang dilaksanakan di lapangan belakang Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad dihadiri oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga, Kepala Seksi Sumber Daya dan Kepala Sub Bagian Umum Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

“Kegiatan secara resmi dibuka pada pukul 08. 45 WITA, Kegiatan merupakan giat internal yang akan terus dilaksanakan dengan tema latihan yang berbeda beda, guna semakin meningkatkan kompetensi kita agar jika terjadi hal–hal yang tidak diinginkan, kita bisa segera merensponse dengan cepat,” ucap Al Amrad.

BACA : Basarnas Banjarmasin Siagakan Personel Rescue Jaga Objek Wisata di Kalsel

Pada hari pertama materi diisi dengan teori dan praktek yaitu ada materi Navigasi Darat yang diisi oleh Narasumber dari Mahasiswa Pencinta Alam dari Universitas Lambung Mangkurat serta ada materi dari Animal Rescue tentang Hewan Liar.

Al Amrad menyampaikan harapannya kepada seluruh rescuer agar bisa mengikuti kegiatan latihan dengan baik, menguasai materi yang disampaikan pemateri agar kedepannya bisa berguna pada saat proses aplikasi pencarian dan pertolongan.

“Dengan latihan ini diharapkan seluruh rescuer secara merata memiliki kemampuan yang sama dengan bisa memanfaatkan peralatan yang ada, guna meningkatkan kesiapsiagaan serta sebagai upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan tim penolong dalam bidang pencarian dan pertolongan di gunung dan hutan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.