Program Bu RT Ala Dispersip Balangan Diklaim Dapat Tingkatkan Jumlah Anggota

0

SALAH satu upaya yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Balangan untuk meningkatkan anggota perpustakaan yaitu membuat program Buku untuk Rumah Tangga (Bu RT).

KEPALA Dispersip Balangan, Tamrin, Senin (27/6/2022) mengatakan, melalui peningkatan anggota perpustakaan, maka dapat menambah pula jumlah pengunjung ke perpustakaan.

Oleh karena itu lanjutnya, pustakawan membuat program Bu RT yaitu kegiatan layanan pemustaka atau layanan front office perpustakaan, berupa layanan yang berhubungan langsung dengan pemustaka.

“Layanan perpustakaan dilakukan dengan menyediakan segala bentuk bahan pustaka secara tepat dan akurat sesuai kebutuhan pemustaka, dan penyediaan berbagai sarana penelusuran informasi yang berkerja sama dengan kepala desa dan ketua RT setempat dalam rangka memasyarakatkan informasi di lingkungan sekitar,” jelasnya.

Disampaikannya, kelebihan dari program Bu RT ini adalah dengan adanya kerja sama antar ketua RT, sehingga dapat menarik minat baca masyarakat khususnya pada ibu rumah tangga.

“Kegiatan ini bisa dilakukan melalui promosi perpustakaan, melakukan kegiatan pembinaan perpustakaan, mengadakan teras baca dengan berbagai kegiatan misalnya menonton bareng, melukis, dan bermain permainan edukasi, melakukan pengarahan kepada ibu dalam rangka menumbuhkembangkan gerakan gemar
membaca, melakukan pendampingan masyarakat, serta membuat video statement dukungan,” ungkapnya.

Selain itu, kelebihan yang ditawarkan dari program Bu RT adalah buku yang dipinjamkan kepada perpustakaan desa melalui teras baca dipinjamkan melalui peminjaman kolektif dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan yang berlaku selama 6 bulan, yang mana di desa yang telah dilakukan kerjasama tersebut terdapat relawan dan relawan tersebut berasal dari masyarakat itu sendiri.

“Maka dari itu, peran dari Bu RT adalah inovasi yang melibatkan masyarakat untuk gerakan gemar membaca, yang mana peran relawan disini lebih dari sekadar melayani tetapi lebih yaitu dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat,” katanya.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.