KPU Kalsel Kunjungi BawasluTanbu

0

BAWASLU Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), menerima kunjungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Kantor Sekretariat Bawaslu Tanbu, Rabu (29/6/2022).

KUNJUNGAN KPU Kalsel dipimpin Komisioner KPU Kalsel Koordinator Divisi Data dan Informasi, Siswandi Reya’an tersebut, disambut Ketua Bawaslu Tanbu H. Kamiluddin Malewa beserta jajaran.

Menurut Kamiluddin, kunjungan itu dilaksanakan dalam rangka silaturahmi, serta diskusi terkait pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2024. Yakni pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

“Kami sampaikan di Bawaslu Tanah Bumbu, sudah ikut memberikan sumbangsih, dari hasil uji petik di 21 SLTA di Tanah Bumbu. Kami mendata sejumlah 4.774 pemilih pemula. Hasil itu, lalu kami sampaikan ke KPU, sebab setiap 3 bulan sekali mereka melakukan pemutakhiran DPB,”  ucap Ketua Bawaslu Tanbu Kamiluddin Melewa.

Dari sejumlah 4.774 orang tersebut, telah dimutakhirkan sebanyak 1.583 pemilih. Dengan demikian, saat ini masih ada sebanyak 3.191 pemilih yang belum dan masih dalam proses pemutakhiran.

BACA: Tanpa Sengketa Pilkada, Duet ZR Resmi Ditetapkan KPU jadi Bupati-Wabup Tanbu

“Tujuannya itu, nanti pada saat masuk tahapan pemutakhiran daftar pemilih, kita sudah memiliki data awal sehingga tidak terlalu banyak nanti yang akan di-coklit (pencocokan dan penelitian, red) karena kita sudah punya data awal tadi,” ujarnya. 

Ia juga mengungkapkan, kunjungan pimpinan KPU Kalsel, memberikan pesan kepada Bawaslu Tanbu agar terus memberikan kinerja terbaik dan tetap bersinergi dengan lembaga yang ada sekitarnya.

“Bawaslu dan KPU agar selalu menjaga sinergitas, jangan sampai ada yang namanya ego sektoral atau ego kelembagaan yang muncul ke permukaan. Kita sama-sama penyelenggara dan di bawah di satu naungan,” tandasnya. 

Ia berharap dengan berbagai program kerja yang telah direncanakan Bawaslu Tanbu ke depannya, prestasi baik yang ditorehkan pada Pemilu Tahun 2019 lalu dapat kembali dipertahankan dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 mendatang.

“Pemilu adalah pesta demokrasi. Kita harapkan dapat terwujud pemilu berintegritas. Pemilu berintegirtas hubungannya dalam rangka Negara terintegrasi, sehingga tercapailah stabilitas,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.