Kemenag Balangan Gelar Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama

0

DALAM rangka menjaga persatuan dan kesatuan NKRI dan menghargai harkat hidup serta keyakinan dan kepercayaan orang lain, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan gelar Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama.

DIALOG dengan tema “Memperkuat Moderasi Beragama di Banua Sanggam” itu, berlangsung di Aula Asy-Syura Kemenag Balangan. Kamis (30/6/2022).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rody Rahmady Noor,  Asisten II Perekonomian dan Pembangungan setda Balangan serta diikuti oleh Kasi Pakis (Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan) Kemenag Syamsuri Arsyat.

Ketua FKUB Balangan Supriadi, Camat Paringin, perwakilan TNI-Polri, penyuluh agama serta tokoh muda, dan perwakilan lintas agama.

Rody Rahmady Noor, mengatakan, ini merupakan tahun toleransi beragama dan tahun moderasi beragama yangmana ujung tombak dari moderasi beragama adalah Kementerian Agama.

Serta penguatan moderasi beragama akan tercermin dari bagaimana kehidupan bermasyarakat, dan mampu menunjukan contoh tauladan yang baik sehingga membawa pengaruh yang luar biasa bagi sikap dan perilaku seluruh masyarakat yang heterogen untuk menjunjung toleransi.

Tujuan dialog ini guna memperkuat moderasi beragama yang dasarnya untuk mewujudkan masyarakat Balangan beragama, melindungi hak-hak umat beragama dalam menjalankan kebebasan beragama, mawujudkan ketenteraman, toleransi dalam kehidupan beragama serta mewujudkan kesejahteraan umat manusia.

Sementara itu, Supriadi, Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Balangan turut menyampaikan terkait pemahaman yang komprehensif bagaimana sesungguhnya bermoderasi beragama, untuk selanjutnya dapat mengedukasi masyarakat tentang praktik-praktik keagamaan yang moderat

“Semoga selalu terjaga kerukunan beragama dalam menciptakan kerukunan di Kabupaten Balangan agar bisa lebih mengerti hidup dengan toleransi di berbagai kegiatan-kegiatan keagamaan maupun bersosialisasi di masyarakat berkembang Kabupaten Balangan” ucap Supriadi.

Adapun untuk sumber dana kegiatan lintas agama yang telah dilaksanakan ini berasal dari dana CSR PT. BUMA yang memberikan support, tentu maksud dan tujuannya agar Kabupaten Balangan selalu terjaga kerukunan dan tercipatanya keamanan kedamaian serta kesejahteraan bagi Kabupaten Balangan.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.