PPDB Online, SMPN 4 Banjarmasin Siap Terima 256 Siswa Baru

0

PENERIMAAN peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2022/2023 di Kota Banjarmasin masih sama dari sebelumnya. Sejak Senin (20/6/2022) pendaftaran telah dibuka secara online.

PETUNJUK teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, ada empat jalur pendaftaran yang disediakan, yakni afirmasi, zonasi, prestasi dan perpindahan orang tua.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto menyebut, untuk jalur afirmasi atau siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), kuota yang disediakan minimal 15 persen.

Di hari kedua pendaftaran, SMPN 4 Banjarmasin medaftar dilakukan secara langsung, dan tidak seramai tahun-tahun sebelum pandemi. Diketahui, beberapa orangtua wali murid kurang paham dengan cara pendaftara online.

BACA: Jalur Prestasi Sepi Peminat, PPDB Online 18 SMP di Banjarmasin Belum Terpenuhi

Seperti yang dituturkan Muhammad Riduan warga jalan Teluk Tiram, yang kesulitan dalam melakukan pendaftaran online untuk anaknya. “Ulun kada paham (saya kurang mengerti) bagaimana caranya mendaftar, alhamdulillah ulun dibantu dan diberi penjelasan oleh panitia penerimaan siswa baru, dan dijari caranya,” ujarnya.

Sementara, panitia penerima siswa baru Surbakti yang juga salah satu guru di SMPN 4 Banjarmasin memberikan penjelasan, bahwa panitia penerimaan siswa baru hanya membantu mengarahkan, namun pendaftaran tetap dilakukan secara mandiri oleh calon siswa.

Saat disinggung tentang zonasi calon siswa, panitia mengakui bahwa hal itu masih diberlakukan. “Iya, memang benar masih dengan sistem zona,” katanya.

BACA JUGA: Jumlah Pendaftar PPDB Menurun, Kadisdik Banjarmasin Beberkan Sederet Alasannya

“Sistem pendaftaran ada beberapa bagian, diantaranya jalur prestasi dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau afirmasi, dibuka pada tanggal 20 hingga tanggal 22 Juni. Masing-masing kuota 20 persen dan 15 persen, dan diumumkan pada tanggal Juni,” sambungnya.

“Selanjutnya, untuk zonasi dimulai pada tanggal 27 Juni hingga tanggal 29 Juni. Dengan kuota sebesar 60 persen, pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online pada 1 Juli mendatang,” bebernya.

SMPN 4 Banjarmasin, menyediakan 8 Rombel, dengan jumlah 256 siswa baru. “Untuk siswa jalur mutasi atau perpindahan alamat orangtua, pendaftaran dapat dilakukan secara offline/langsung,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.