Terkait Kasus Hepatitis Misterius, DPRD Kalsel Segera Berkoordinasi dengan Dinkes

0

KOMISI IV DPRD Kalsel segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan sebagai upaya tindak lanjut dari penyakit hepatitis ‘misterius’yang meresahkan masyarakat.

KETUA Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin mengatakan pihaknya ingin meminta penjelasan kepada Dinkes Kalsel dan pihak terkait lainnya terkait penyakit ini.

“Kita akan segera koordinasi, mempertanyakan sejauh mana penyebaran dan tindakan pencegahan yang dilakukan,” ucapnya.

Menurutnya saat ini belum ada dilakukan RDP namun hanya sebatas komunikasi dengan dinas. Pihaknya pun belum menerima laporan apa pun dari dinas terkait. “Sampai saat ini belum ada dinas melaporkan,” ucapnya.

BACA : Dirut RSUD Balangan Minta Masyarakat Waspadai Hepatitis Akut

Meskipun begitu, pihaknya ujar Lutfi tidak ingin menunggu karena sebagai wakil rakyat lah yang lebih mengetahui keresahan dan aspirasi di masyarakat.

Adapun hingga saat ini memanh belum ditemui kasus hepatitis misterius di Kalsel namun upaya pencegahan nyatanya perlu disiapkan Kalsel.

Menurut Lutfi, untuk penanganan hepatitis ini bisa menggunakan biaya tak terduga (BTT) yang memang disiapkan pada saat antisipasi covid-19.

“Kita tidak menginginkan wabah baru lagi, namun jika ada di harapkan kita sudah siap,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga meminta Dinkes Kalsel untuk mempercepat pembentukan UPTD baru krisis center yang tugasnya melakukan pencegahan-pencegahan berupa tindakan yang diperlukan dalam hal penyakit menular.

“Saat ini sedang berproses yang dipusatkan di Banjarbaru, tugasnya hampir serupa dengan gugus tugas,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.