Terkendala Usia, Siti Saleha CJH Asal Balangan Pilih Menunda Keberangkatan ke Tanah Suci

0

BATAS usia maksimal 65 tahun yang diberlakukan pemerintah untuk syarat keberangkatan calon jemaah haji (CJH) tahun 2022 ini, membuat beberapa CJH asal Kabupaten Balangan ada yang tak bisa berangkat.

KEPALA Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan, Fahmi Wahid mengatakan, keputusan pembatasan usia tersebut pada awalnya memang sulit diterima.

Karena kebanyakan jemaah Indonesia berada pada usia lansia, namun karena keputusan itu datang langsung dari Arab Saudi dan berlaku untuk seluruh dunia, maka semua harus menerima.

Dari peraturan ini, kata dia, yang berpotensi gagal berangkat adalah CJH yang berpasangan, seperti suami istri. Bila salah satu melewati batas usia, maka kemungkinan yang satunya juga tidak berangkat.

“Kita telah menerima dua laporan untuk kasus ini, dan keputusan yang diambil juga berbeda,” tambahnya.

Siti Saleha, CJH yang dinyatakan berhak untuk berangkat haji tahun ini menyatakan untuk menunda keberangkatannya karena pasangan suaminya berusia di atas 65 tahun dan tidak bisa berangkat untuk tahun ini.

“Saya menunggu kesempatan tahun berikutnya saat kami berdua bisa berangkat bersama-sama,” ujarnya.

Sementara pasangan Ubir Nunci dan Kabdiah yang juga mengalami kasus yang sama menyatakan bahwa setelah melakukan musyawarah dengan keluarga maka memutuskan isteri akan tetap berangkat haji tahun ini meskipun sendirian.

“Saya ikhlas istri saya berangkat lebih dahulu. Karena umur tidak ada yang tahu. Berhubung istri diberi kesempatan tahun ini, lebih baik berangkat daripada ke depannya masih belum pasti,” ujar Ubir Nunci.

Menanggapi hal tersebut, Fahmi menyatakan bahwa Kemenag akan menerima setiap keputusan yang diambil tiap CJH baik itu menunda keberangkatan ataupun berangkat sendirian.

“Pemerintah mengupayakan agar di tahun depan CJH yang berada di atas usia 65 tahun untuk diprioritaskan keberangkatannya. Mohon bersabar dan apabila memang sudah sampai garisan takdirnya, maka CJH kita akan sampai ke tanah Mekkah semuanya,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.