Sambut IKN di Kaltim, Tanah Bumbu Membutuhkan BLK Skala Besar

0

BUPATI Tanah Bumbu, dr H Zairullah Azhar mengatakan pihaknya siap menyambut perpindahan ibukota Negara Republik Indonesia ke Kalimantan Timur.

HAL tersebut disampaikan Zairullah Azhar saat menerima rombongan wartawan Press Room DPRD Kalsel setelah melaksanakan studi komparasi Humas Sekretariat Dewan (Setwan) ke Dinas Komunikasi informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (26/3).

Sebagai provinsi tetangga dari IKN,  Ketua DPW PKB Kalsel ini pun mengharapkan agar pemerintah pusat mengabulkan permohonannya membangunkan Balai Latihan Kerja (BLK) skala besar.

“Pasalnya di Bumi Bersujud Tanbu akan dibangun sejumlah industri antara lain pabrik minyak goreng dan kecap. Dan yang sudah ada saat ini pabrik Bio Deseil,” ujar mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel ini.

“Sejumlah industri tersebut memerlukan atau akan menampung lebih kurang 110.000 tenaga kerja. Karena itu pula selaku kepala daerah, saya berterima kasih kepada H Isam, pengusaha nasional yang mau membangun industri pengolahan barang jadi tersebut,” lanjutnya.

Ia menambahkan, upaya lain sebagai penyangga ketahanan pangan IKN, selain melakukan usaha pertanian biasa, juga akan mengembangkan varietas padi/beras hitam.

“Padi/beras hitam yang tumbuh kembang di dataran tinggi atau daerah pegunungan itu sangat cocok untuk kesehatan seperti bagi penderita gula darah (diabetes).Masih banyak usaha lain dalam upaya penyangga ketahanan pangan IKN baru nanti seperti halnya penyelesaian Bendungan Kusan,” tambahnya.

Bendungan Kusan tersebut, selain mampu mengairi persawahan lebih 100.000 hektare (ha), juga bisa sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mampu pula memproduksi energi listrik 100 megawatt (MW) lebih.

”Hasil power plant atau dari PLTA itu nanti dapat kita jual buat memenuhi kebutuhan energi listrik IKN,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.