Bimtek Srikandi Dispersip Tanbu Gandeng ANRI

0

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), Rabu (23/2/2022) di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.

BUPATI Tanbu yang diwakili Plt Kepala Dispersip Tanbu Muhammad Yusri membuka kegiatan yang berlangsung selama 2 har tersebut yakni 23 – 24 Februari 2022.

Plt Kepala Dispersip Muhammad Yusri mengatakan Bimtek sangat penting dilaksanakan, sebab memiliki peran strategis dalam upaya mendukung terselenggaranya sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi Srikandi. “Aplikasi Srikandi pada dasarnya merupakan integrasi antara pengelolaan arsip dinamis berbasis digital,” ujarnya yang mewakili bupati tersebut.

BACA: BPBD Tanbu Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana 2022

Sebab itu, jelasnya, melalui momentum Bintek diharapkan peserta dapat mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh agar menghasilkan sumber daya manusia yang memahami dan mampu mengaplikasikan Srikandi dengan baik. “Ya, utama sekali dalam menjaga dan menyelamatkan dan melindungi arsip-arsip di Pemkab Tanbu,” tandasnya.

Mengingat, sebut Yusri, nantinya penerapan aplikasi Srikandi segera dapat dijalankan sehingga tata kelola pemerintahan menjadi lebih efektif dan efesien

Ia pun menambahkan penggunanya aplikasi Srikandi mulai diterapkan pada tahun 2022. “Manfaat dari penggunaan aplikasi Srikandi yakni memudahkan dalam mengakses sebuah data dan juga untuk pengamanan arsip,” tuturnya.

Peserta Bimtek mencakup pegelola Srikandi di SKPD Pemkab Tanbu terdiri pengelola arsip dan Kasubbag Umpeg. Materi meliputi pengelolaan arsip elektronik, teori dan praktik pemberkasan, serta pemberkasan dan penyusunan pada aplikasi Srikandi. Dan narasumber berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).  (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.