Komisi I Perdalam Program Peningkatan SDM ASN Ke Bandiklat Yogyakarta

0

UPAYA peningkatan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Pemprov Kalsel tak luput dari perhatian  DPRD  Kalsel. Guna menunjang upaya tersebut, Komisi I bersama mitra kerjanya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD)  menyambangi Badan Pendidikan Dan Pelatihan (Bandiklat) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa, (8/2).

SITI Noortita Ayu Febrian Roosani mengatakan, kunjungan komisi I kali ini dalam rangka mendukung upaya Pemprov Kalsel dalam mempersiapkan sumber daya aparatur di lingkungan Pemprov Kalsel. 

“Kami bersama mitra kerja dari BPSDMD Kalsel mencoba belajar, memggali ilmu bagaimana Bandiklat DIY mempersiapkan sumberdaya aparatur sipil di lingkup pemerintahannya. Dan banyak hal lain juga yang ingin kita pelajari dan gali di sini, salah satunya terkait penyusunan program dan kegiatan, serta besaran dalam penganggarannya,” tutur politisi Partai Gerindra yang biasa disapa Tatum ini.

Kepala Bandiklat DIY Drs Jarot Budi Harjo menyambut baik dan mengapresiasi maksud dan tujuan Komisi I DPRD Prov Kalsel. Dirinya menerangkan, kebijakan strategis dalam penataan SDM di DIY sesuai dengan kualifikasi, kompetensi dan beban kerja. “Analisis beban kerja dan analisis jabatan harus proporsional”, ujar Jarot.

Sedangkan untuk pengembangan kompetensi ASN, lanjutnya, bisa dilaksanakan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetapi dalam pengendalian BKD.

“DIY menerapkan aturan, bila diklatnya lebih dari empat hari maka masuk wilayah Bandiklat. Kalau maksimalnya tiga hari maka bisa dilaksanakan oleh OPD,” tutur pria yang membawa Bandiklat meraih peringkat 3 nasional sebagai lembaga diklat berprestasi tahun 2020 dan 2021.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.