Kelabu: Sisi Lain Perisitwa Mei 1997 di Banjarmasin dalam Balutan Film Fiksi

0

FILM pendek berjudul Kelabu garapan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Lambung Mangkurat, diputar secara perdana, pada Rabu (27/10/2021) sore di Aula Rektorat Lantai I ULM.

SESUAI judulnya, film fiksi pendek tersebut berlatar cerita insiden Jumat Kelabu yang terjadi di Kota Banjarmasin pada tahun 1997. Kendati demikian, karya ini tidak berkisah tentang intrik perpolitikan yang lazim tergambar kala peristiwa Mei 1997.

Film yang naskahnya ditulis oleh Rizki Amalia Agustin itu lebih menceritakan tentang orang tua yang kehilangan anaknya saat peristiwa Jumat Kelabu.

Kelabu juga menggambarkan bagaimana orang tua yang kehilangan anak saat kejadian ’97 itu juga mengidap post traumatic stress disorder (PSTD). PSTD adalah gangguan mental yang dialami seseorang setelah yang bersangkutan mengalami peristiwa yang menakutkan atau tidak nyaman.

BACA JUGA: Menolak Lupa 23 Mei 1997, STB Uniska Gelar Aksi Teatrikal Tragedi Berdarah Jumat Kelabu

PTSD kemudian dapat membuat penderitanya teringat pada kejadian traumatis yang dialami secara berulang-ulang.

“Ini adalah penggalan cerita besar dari peristiwa kelam itu. Kalau yang kita tahu, kejadian kelam ini seputar dan identiknya kan adalah perpolitikan. Tapi kita ingin mengangkat cerita dari sisi lain,” kata Rizki Amalia Agustin, penulis naskah Kelabu kepada jejakrekam.com.

Kelabu diadaptasi dari naskah teater yang ditulis oleh Dosen PBSI FKIP ULM, Dewi Alfianti berjudul Fragmentasi Jumat Kelabu. Bekerja sama dengan Forum Sineas Banua, karya ini kemudian divisualisasikan dalam bentuk sinema.

BACA JUGA: Belajar dari Tragedi Jumat Kelabu, Ketika Polarisasi Masyarakat Makin Menggebu

Dewi Alfianti yang juga jadi dosen pengampu dalam proyek tersebut mengatakan bahwa film ini digarap oleh mahasiswa PBSI angkatan 2018 (Kelompok 13 Studi Independen PBSI FKIP ULM) untuk memenuhi tugas kuliah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MDKM).

Selain mahasiswa PBSI ULM, proses penggarapan Kelabu juga melibatkan Forum Sineas Banua (FSB) dan Alemo Films untuk pendampingan selama penggarapan.

Adapun para aktor yang terlibat dalam film adalah Mukhlis Maman, Novitasari Nuarbijk, Wanyi Mandarung, Febridha Pebrina, Septi AS Abdulah, Ilham Majedi, Hijromi Arijadi Putera, dan Handriyan Yudha Sakti. (jejakrekam)

Pencarian populer:Tragedi 1997 kalsel
Penulis Mukarramah/Nilam Rahma Sari
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.