Ratusan Warga Binaan di Lapas Tanjung Ikuti Vaksinasi Covid-19

0

RATUSAN Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIb Tanjung mendapatkan suntikan vaksinasi Covid – 19, Selasa (31/8/2021).

BERTEMPAT di aula lapas, Lapas Tanjung bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Polres Tabalong.

Kepala Lapas Kelas II B Tanjung, Heru Yuswanto mengatakan pemberian vaksin untuk warga binaan ini akan dilakukan secara bertahap. “Tahap pertama vaksinasi diberikan kepada 189 WBP ditambah 11 petugas lapas,” ujarnya.

Kegiaan dilakukan secara bertahap lantaran vaksin yang didapat Lapas dari Polres Tabalong ini hanya sebanyak 200 dosis.

“Karenanya untuk tahap pertama ini, vaksinasi kita berikan kepada 189 WBP dan 11 petugas lapas, sedangkan sisanya akan divaksinasi pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua,” ucapnya.

Kata Heru, pemberian vaksinasi tahap pertama diprioritaskan kepada warga yang sudah memiliki NIK dan tidak memiliki riwayat penyakit komorbid.

BACA JUGA: 267 Warga Binaan Lapas Tanjung Terima Remisi

Heru menambahkan, kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid – 19 khususnya di Lapas Tanjung.

Pihaknya berharap dengan vaksinasi ini kekebalan tubuh WBP di lapas Tanjung dapat meningkat dan kuat dalam menghadapi pandemi ini.

” Selain itu kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menjalankan program pemerintah dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, seluruh WBP di data dan di screening terlebih dahulu. Dari hasil screening dan menyesuaikan jumlah vaksin yang ada, didapati 189 dari 422 WBP yang siap untuk divaksin. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.