Sasar Kawasan Pinggiran, Toko Tani Keliling Hadir di 12 Kecamatan se-Tanbu

0

DINAS Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan kegiatan mobile Toko Tani Indonesia Keliling atau Si Toni Keliling ke desa-desa di 12 kecamatan se-Kabupaten Tanah Bumbu.

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri, program ini digagas sebagai respons arahan Bupati Zairullah Azhar membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, serta menggeliatkan ekonomi dan menjamin kebutuhan pokok masyarakat.

“Desa yang menjadi sasaran adalah desa yang berdasarkan jarak tempuhnya mungkin cukup jauh dari pasar dan dianggap memiliki harga barang pangan pokok yang fluktuatif dan cukup tinggi,” kata Nahrul, Kamis (17/06/2021).

BACA JUGA: Bazar Toko Tani Kini Menyapa Pasar Ahad Batang Kulur Kiri

Selain itu, sambil berkeliling ke desa, program Si Toni dimanfaatkan juga sekaligus memberikan edukasi protokol kesehatan di desa tersebut. Adapun bahan pangan pokok dari Si Toni Keliling memiliki harga di bawah pasaran pada umumnya.

Beragam komoditas yang disediakan yakni beras lokal dalam kemasan 3 kilogram dengan harga Rp 28.000. Ini merupakan hasil kerjasama dengan Gapoktan PUPM Desa Salimuran.

Lalu, ada gula pasir dengan harga per kilogram Rp.12.000,- hasil kerja sama dengan Bulog.

BACA JUGA: Tawarkan Produk Harga Murah, Disdag-DKP HSS Gelar Bazar Toko Tani

Kemudian, ada minyak goreng kemasan 1 liter dengan Rp.13.000,- hasil kerjasama dengan distributor gula di Kecamatan Kusan Hilir (Pagatan).

Kegiatan perdana Sitoni Keliling pada bulan ini dilaksanakan di Desa Purwodadi, Kecamatan Angsana. Selanjutnya secara bertahap akan dilaksanakan giat rutin minguan untuk membantu ketersediaan beberapa bahan pangan pokok strategis. (jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.