Giat Gabungan di Balangan Awasi Tonase Truk Angkutan

0

GUNA meminimalisir pelanggaran angkutan, khususnya terkait pembatasan tonase yang melewati jembatan Paringin dalam kondisi rusak, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan melakukan giat bersama, Selasa (30/3/2021).

KEPALA Seksi Pengendalian Operasional dan Pengendalian Lalu Lintas Jalan Dishub Provinsi Kalsel, M Arif di Paringin menyampaikan, sasaran utama dari penertiban ini adalah truk yang bermuatan berat yang melintasi jalur utama jalan A  Yani, terkhusus yang akan melintasi jembatan Paringin.

“Penertiban angkutan bermuatan berat ini adalah kegiatan rutin kami, dimana kami mempunyai beban tugas melakukan pengawasan kendaraan pengangkutan terkait aturan overload dan overdimensi serta terkait perizinan angkutan,” bebernya.

Salah satu pengawasannya, tambah dia, dilakukan dengan uji petik dilapangan dimana data-data yang diperoleh dari hasil pengukuran muatan angkutan akan dilaporkan sebagai bahan masukan untuk pemeliharaan jalan.

“Data itu nantinya sebagai bahan masukan, terkait dengan jalan kita agar terawat dengan baik seperti apa, kemudian pengaturan lalu lintasnya seperti apa, karena kita langsung melihat sendiri dilapangan jembatan mengalami kerusakan,” tambahnya.

Senada itu, Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan Sahrudin mengungkapkan, pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya giat yang dilakukan Dishub Provinsi ini.

“Karena kegiatan ini dilakukan di wilayah Kabupaten Balangan, kami disini berperan sebagai dinas pendamping saja, semoga semua angkutan yang bermuatan berat dapat selalu mentaati aturan yang sudah ada,” ucapnya.

Terakhir, Sahrudin mengatakan, yang paling terpenting dari kegiatan ini adalah selain mentaati aturan yang ada, juga sifatnya mengimbau kepada semua pengendara yang membawa angkutan berat agar selalu memperhatikan muatannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dengan tertib tonase ini, tentu kondisi jalan dapat terpelihara dengan baik,’’ pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.