Tak Dihelat di Kubah, Sejumlah Majelis Tetap Gelar Haul Perdana Guru Zuhdi

0

PIHAK keluarga memastikan tidak ada peringatan Haul Akbar perdana di Kubah KH Ahmad Zuhdiannor atau Guru Zuhdi. Kendati demikian, sejumlah pengajian bakal tetap menggelar peringatan haul sang ulama.

INFORMASI yang dihimpun jejakrekam.com, paling tidak sudah ada 2 Majelis Ta’lim yang memastikan menggelar peringatan haul perdana Guru Zuhdi.

Kedua majelis tersebut yakni di Masjid Ar-Raudhah Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara dan di Masjid Harun Aliyah Komplek Kota Citra Graha, Banjarbaru.

BACA : Masih Pandemi, Haul Akbar Perdana Di Kubah Guru Zuhdi Ditiadakan

Melalui pengumuman singkat, Haji Norhin yang merupakan pengelola Masjid Harun Aliyah menjadwalkan peringatan haul Guru Zuhdi pada Selasa, 20 April 2021 atau bertepatan 8 Ramadhan 1442 Hijriah.

“Insyaallah kita mengadakan setelah shalat tarawih. Jadi diperkirakan sekitar jam setengah 10 atau jam 10 mulainya,” kata Haji Norhin, usai pengajian Rabu (23/3/2021) lalu.

Sementara di Masjid Ar Raudhah Sungai Andai, pihak pengelola menjadwalkan peringatan Haul Guru Zuhdi ke-1 akan dilaksanakan pada Kamis, 22 April 2021 atau 10 Ramadhan 1442 Hijriah.

BACA JUGA : Lautan Manusia Padati Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi Di Masjid Jami

“Malam 11 Ramadhan Insyaallah kita melakukan haul di Masjid Ar-Raudhah usai shalat tarawih. Mudahan lancar semuanya,” kata Guru H M Rasyid Ridha, di tengah acara pengajian, Senin (8/3/2021) malam.

Seperti diketahui, Peringatan haul akbar perdana di kubah KH Ahmad Zuhdiannor atau Guru Zuhdi resmi ditiadakan pihak keluarga. Pemberitahuan tersebut diumumkan Yayasan Majta Banjarmasin melalui surat resmi bertanggal 25 Maret 2021.

Merujuk isi surat, alasan pihak keluarga meniadakan kegiatan haul akbar di kubah Abah Haji tersebut lantaran saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Karena adanya pandemi dan menghindari kerumunan massa sesuai peraturan pemerintah maka acara Haul ke-1 Guru KH Ahmad Zuhdiannor di kubah beliau ditiadakan untuk umum. Mohon dimaklumi dan dimengerti,” tulis isi surat.

Pemberitahuan surat tersebut juga ditandatangani langsung oleh kedua saudara kandung almarhum Guru Zuhdi, yakni Guru Muhammad As’ad dan Zulkifli.

Selain meniadakan peringatan haul akbar perdana yang jatuh pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah nanti, pihak keluarga juga akan membatasi kubah Guru Zuhdi untuk umum.

Selama bulan suci Ramadhan, kubah ditutup mulai pukul 16.00 sampai 22.00 Wita. Termasuk juga pada Hari Minggu (28/3/2021) mendatang.

“Mari kita saling berusaha menjaga sikap dan perilaku untuk tidak melakukan sesuatu yang bisa berdampak negatif untuk banyak orang,” imbau surat tersebut.(jejakrekam)

Pencarian populer:majelis juhdi,perigatan haul guru juhdi
Penulis Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.