Dinas Ketahanan Pangan Balangan Himbau Warga Tanam Sayur di Pekarangan

0

HINGGA kini kebutuhan pangan khususnya bahan hortikultura di Balangan masih mengandalkan daerah lain. Hal ini tidak terlepas, masih minimnya minat warga Bumi Sanggam dalam bercocok tanam hortikultura.

GUNA menyikapi hal ini, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Balangan sudah menyusun program guna terpenuhinya kebutuhan masyarakat atas sayur-sayuran.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Balangan, Ansharullah pihaknya, melakukan berbagai upaya dan program guna menambah produksi tanaman sayuran guna memenuhi kebutuhan sayuran bagi warga Balangan.

Salah satunya, kata Ansyarullah, pihaknya meminta atau menghimbau masyarakat agar menanam sayur di pekarangan rumah.

Mendukung himbauan ini, menurut Ansharullah, beberapa waktu lalu pihaknya menjalankan program merubah pekarangan rumah warga di sepanjang pinggiran jalan A Yani yang melintasi Balangan menjadi kebun hortikultura mini, baik ditanam langsung di tanah maupun menggunakan pot dan perlengkapan lainnya.

“Dengan kegiatan ini meski hasil sayur tidak bisa dijual karena produksinya  terbatas, tapi minimal untuk keperluan  sayur-mayur tidak beli lagi,” ujarnya, Senin (22/3/2021).

Selain itu, lanjut dia, dengan program ini mudahan minat warga untuk berkebun hortikultura tumbuh.

Terlepas dari itu, menurut dia, sebagai daerah yang memiliki luasan lahan yang luas dan tanah yang cukup subur, sangat ironi ketika persediaan pangan seperti sayur-sayuran masih harus didatangkan dari luar daerah.

“Dengan kondisi lahan yang mendukung harusnya kita bisa mandiri dalam hal sayur-sayuran, namun sayangnya sampai sekarang sangat sedikit warga yang tertarik untuk berkebun hortikultura. Inilah yang menjadi tugas kita bersama bagaimana agar pertanian khususnya bidang hortikultura juga bisa maju,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.