Kemacetan di Batola-Banjarmasin, DPRD Kalsel Segera Gelar RDP

0

KEMACETAN parah yang terjadi di ruas jalan Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala menjadi atensi DPRD Kalsel. Pihak terkait, seperti Dinas Perhubungan dan Balai Jalan akan diundang untuk melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP).

“BESOK (Rabu-red), kita melaksanakan RDP dengan pihak terkait,” kata anggota Komisi III DPRD Kalsel, Fahrin Nizar kepada wartawan, Selasa (16/3/2021).

Ia tak menampik jika kemacetan lalu lintas ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat, terutama pengguna jalan dari Barito Kuala, Banua Enam maupun provinsi tetangga, Kalteng.

BACA : Hindari Kecelakaan, Warga Cemara Ujung Tanam Pohon Pisang Di Tengah Jalan Yang Rusak

“Karena kemacetan lalu lintas di Handil Bakti ini bisa berlangsung berjam-jam, sehingga sangat mengganggu kenyamanan para pengguna lalu lintas,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Ia menyebut, kemacetan lalu lintas yang terjadi di Handil Bakti ini terjadi di dua titik, yakni di Desa Gampa Asahi dan kawasan Jalan Cemara. “Jadi titik kemacetan ini harus di urai, agar tidak berlangsung lama,” jelasnya.

Ia mengatakan, kemacetan yang terjadi di Desa Gampa Asahi dikarenakan banyaknya truk pengangkut barang yang amblas, sehingga menyebabkan antrian panjang.

“Kerusakan jalan ini karena truk pengangkut barang membawa muatan melebihi kapasitas jalan, sehingga sering amblas, terutama di ruas jalan yang belum ditingkatkan kapasitasnya,” lanjutnya.

Adapun pada titik kemacetan kedua, terdapat pada wilayah Handil Bakti, yang mana hal ini juga dipengaruhi imbas pembangunan Jembatan Alalak, sehingga akses masyarakat menuju Banjarmasin hanya dapat melalui jembatan alternatif di Cemara Ujung.

“Saya melihat permasalahan itu, kurangnya aparat yang mengatur lalu lintas, baik dari Kepolisian maupun Dinas Perhubungan,” bebernya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.