Retak, Jembatan Paringin Segera Diperbaiki

0

BALAI Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin meninjau langsung serta mengadakan pertemuan atau rapat koordinasi bersama Dinas PUPR dan Dishub Balangan beserta Satlantas Polres Balangan guna membahas penanganan jembatan Paringin yang mengalami retak atau rusak beberapa waktu lalu, Rabu (6/1/2021).

PERTEMUAN yang berlangsung di aula Dinas PUPR guna membahas terkait penanganan retaknya bagian atas  jembatan tersebut. Apalagi adanya lubang pada bagian sambungan jembatan yang sempat dianggap menggangu lalu lintas itu, kini sudah dilakukan penanganan sementara  proses berupa pemasangan plat baja untuk menutupi setiap bagian yang rusak.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan jembatan BBPJN Kalsel, Abuyazid Bustami menyampaikan, jika pihaknya sudah melihat langsung kondisi jembatan. Ia bersama pihak Balai Pengelola Transportasi Darat XV Provinsi Kalsel dan Satlantas Polda Kalsel serta Polres Balangan mendatangi jembatan.

“Untuk kondisi jembatan yang mengalami keretakan adalah bagian atas atau jalan, sedangkan bagian tiang atau bangunan jembatan tidak ada mengalami kerusakan,” ujar sesaat selesai pertemuan tersebut.

Menurut Abuyazid, kerusakan yang terjadi pada jembatan di antaranya beton yang sudah keropos. Selain itu ada dua segmen jembatan yang juga mengalami kerusakan. Sedangkan bagian tulangan pada jembatan masih bagus atau kokoh.

“Karena adanya kerusakan itu,  maka kami lakukan penanggulangan sementara dengan meletakan plat baja cukup tebal di jembatan,” tambahnya.

Lebih jauh dirinya menerangkan, jika seminggu ke depan hasil kajian kerusakan jembatan tersebut akan keluar. Dari hasil itulah nanti, cara perbaikannnya ditentukan, apakah nanti dibeton atau dengan plat besi maupun medium lain guna mengganti bagian lantai jembata tersebut.

“Setelah kajian ada, kita segara akan lakukan lelang pengerjaan perbaikan,” tegasnya.

Sementara pengerjaan, jalur lalu lintas pun nantinya akan dialihkan. Terlebih pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishub Balangan, Polres Balangan dan PUPR Kabupaten Balangan. “Secepatnya kita akan lakukan perbaikan jembatan ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.