Masih Pandemi, Religi Expo 2020 LK3 Banjarmasin Dihelat Secara Virtual

0

BERBEDA dengan tahun-tahun sebelumnya, Religi Expo 2020 yang digarap Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin digelar secara virtual, karena ibukota Kalsel masih didera pandemi virus Corona (Covid-19).

DIREKTUR LK3 Banjarmasin, Rafikah mengungkapkan Religi Expo merupakan komitmen lembga untuk mengkampanyekan pesan-pesan damai dan wacana kerukunan di ruang publik.

“Dalam Religi Expo 2020 ini akan diikuti 22 peserta berasal dari lembaga agama, lembaga pendidikan agama, suku dan komunitas yang digelar secara virtual pada 4-5 Desember di Balairung Sari, Taman Budaya Provinsi Kalsel,” ucap Rafikah kepada jejakrekam.com, Kamis (3/12/2020).

Untuk even keenam kali ini, diakui Rafikah harus digelar secara virtual mengingatkan Banjarmasin masih dalam kondisi pandemi Covid-19. “Kondisi ini memaksa kita harus beradaptasi dengan situasi baru. Tak terkecuali, Religi Expo yang sebelum digelar secara offline, kini harus dihelat secara daring,” papar Rafikah.

BACA : LK3 Gelar Religi Expo, Ibnu Sina: Memperkuat Keindonesian dalam Bingkai Kebhinekaan

Untuk Religi Expo 2020 ke-6 ini mengangkat tema merawt bumi, merawat kehidupan dan merawat kemanusian yang relevan dengan kondisi pandemi Covid-19.

“Pandemi ini menjadi pengingat bagi seluruh umat manusia untuk saling bahu membahu membantu. Sebagai umat manusia, kita harus saling mengingatkan dan melindung antar satu sama lain, termasuk lingkungan alam semesta,” ucap Rafikah.

Ia mengungkapkan kegiatan kali ini tidak menghadirkan pameran stand peserta. Namun, menurut Rafikah, pihaknya yang akan mengunjungi stand yang direkam atau didokumentasikan dalam video.

“Video ini ditayangkan dalam Religi Expo Virtual. Harapan kami, ekspo kali ini bisa memberi sisi lain dalam melihat keragaman di sektiar kita. Melihat praktik baik usaha yang dilakukan maupun menjaga toleransi,” katanya.

BACA JUGA : Religi Expo untuk Model Pengelolaan Keberagaman

Ia mengungkapkan Religi Expo dibuka resmi pada Jumat (4/12/2020) pukul 15.00 Wita di Balairung Sari, Taman Budaya Kalsel, Jalan Brigjen Hasan Basry, Kayutangi.

“Selain stand keagamaan, Religi Expo juga diisi dengan pentas seni, diskusi keberagaman serta pemutaran film Kasumbi yang diproduksi LK3 Banjarmasin,” kata Rafikah.

Ia mengingatkan semua rangkaian Religi Expo dapat ditonton secara live streaming, melalui kanal youtube LK3 Banjaramasin dan Facebook Lktiga Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.