Bisa Disembuhkan, Penyakit Kusta Bukan Kutukan

0

KUSTA masih jadi penyakit yang memunculkan stigma paling buruk di masyarakat, padahal kusta murni hanya penyakit yang hanya mengenai orang yang kondisi ataupun kekebalan tubuhnya lemah dan kontak lama dengan penderita kusta tipe basah yang tidak diobati.

UNTUK menekan pradigma masyarakat terhadap kusta adalah penyakit aneh (kutukan), Dinkes kabupaten Balangan terus melakukan himbauan kepada masyarakat tentang Kusta dan bahayanya.

Selain itu, juga masyarakat diminta agar lebih awal melakukan pengobatan kusta , jangan sampai penyakit kusta mengakibatkan kecacatan bagi penderita.

“Penyakit kusta bisa disembuhkan asalkan penderita mau mengikuti anjuran petugas kesehatan dengan minum obat secara teratur selama 6 bulan atau sampai tuntas,” ujar  kepala Dinkes Balangan Erwan Mega Karya Latif.

Bahkan kata, Erwan, penyakit Kusta bisa sembuh total dengan cara pengobatan teratur. Salah satu pencegahan Kusta ini, menurutnya, ialah imunisasi pada bayi. Bisa mengurangi kemungkinan terkena kusta. Apabila mengalami kelainan kulit berupa bercak mati rasa segera berobat ke puskesmaa terdekat.

“Cacat akibat kusta bisa dicegah melalui pengobatan teratur. Untuk jenis kusta basah obat harus diminum setiap hari selama 12 bulan. Sedangkan kusta kering, obat harus diminum setiap hari selama 6 bulan,” paparnya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Erwan, cara terbaik untuk melakukan pencegahan cacat atau prevention of disabilitas (POD) adalah  dengan melaksanakan diagnosis dini kusta, pemberian pengobatan MDT yang cepat dan tepat.

“Kusta dapat disembuhkan tanpa cacat jika diantisipasi sejak dini. Namun masalahnya, kebanyak penderita kusta enggan berobat  karena merasa malu dan menganggap kusta sebagai kutukan atau terkena guna-guna. Padahal, penyakit kusta murni karena faktor kuman,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.