Bonus Demografi, Pemuda Kalsel Harus Dapat Bersaing

0

MEMASUKI tahun 2020 hingga 2035 mendatang, Indonesia akan memasuki bonus demografi, dimana peran pemuda terutama pemuda Kalimantan Selatan bisa berkontribusi dalam pembangunan Banua.

HAL tersebut disampaikan pada acara Forum Pertemuan Konsolidasi Pemuda Asal Kalsel dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan KNPI Kalsel bekerjsama dengan DPRD Kalsel, di Jakarta, Senin (26/10) lalu. Pertemuan ini sekaligus menjadi momentum untuk memperingati sumpah pemuda ke 92 tahun.

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM.Lutfi Saifuddin mengatakan, selain bersilaturahmi dalam rangka konsolidasi untuk mempertemukan para pemuda dan mahasiswa asal Kalsel, khususnya yang sedang berada di luar wilayah Kalsel dengan pemangku kepentingan di Kalsel.

Bahwa pemuda Kalsel punya keinginan kuat untuk berkontribusi dan berkarya untuk kemajuan dan maslahatan Banua.Karena itu,hari ini sebagai bagian dari pemangku kepentingan hadir untuk mendengarkan dan berdiskusi untuk mencari setiap solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh para pemuda dan mahasiswa asal Kalsel yang sedang menempuh studi di luar wilayah Kalsel.

“Kami akan terus berupaya untuk membantu dan memfasilitasi agar pemuda Kalsel bisa punya daya saing di masa-masa terebut.kami berharap pemuda Kalsel punya kreatifitas, keberanian, kepekaan sosial, dan intelektual yang baik. Kami ingin menyaksikan ke depan, lebih banyak anak muda yang menjadi wira usahawan sukses,menjadi birokrat yang baik, menjadi politisi yang bermartabat,” ujar Lutfi.

BACA JUGA : Bonus Demografi Tantangan bagi Bangsa Indonesia

Pelaksana Tugas Gubernur Kalsel dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah mengatakan bonus demografi adalah peluang emas bagi sebuah negara untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi.

Bukan tanpa alasan, Hermansyah menyebut Indonesia didukung ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan. Rasio usia produktif akan berada di atas 64%, dan itu sudah lebih dari cukup bagi Indonesia untuk melesat menjadi negara maju.

“Disinilah saya sangat berharap peran pemuda Kalimantan Selatan dapat bersaing dalam bentuk apapun, tentunya dalam hal yang positif. Sudah saatnya kita maju, menyerang, memberikan warna, dan mengubah dunia,” ujarnya.

Hermansyah berpesan kepada pemuda untuk tetap menjunjung tinggi persatuan dan selalu optimis serta memiliki visi dan gagasan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Ketua KNPI Kalsel, Fazlur Rahman, mengatakan, kegiatan ini sekaligus memperangati sumpah pemuda dan banyak sekali antensi dari pemuda dalam hal menjadi tonggak sejarah perjuangan pemuda dalam pembangunan daerah nantinya. (Jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.