Perpusda Balangan Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD

0

SEBANYAK 6 peserta ikuti lomba bercerita tingkat SD yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan. Kegiatan rutin tahunan yang digelar dalam rangka memeriahkan Kegiatan Pekan Gemar Membaca ini digelar secara daring.

PENILAIAN terhadap peserta dilaksanakan pada, Senin (28/9/2020) di ruang kerja Dinas Perpustakaan setempat. Mekanisme penilaian lomba dilakukan via online. Yaitu para peserta mengirimkan video terbaiknya saat bercerita kepada panitia pelaksana. Dan kemudian dari video tersebut lah para juri menilai penampilan para peserta.

“Kagiatan terpaksa harus kita gelar secara daring. Ini kami lakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Kasi pengembangan pembudayaan dan kegemaran membaca Neneng Jamilah.

BACA : Pekan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Balangan Gelar Berbagai Perlombaan

Disebutkannya, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ditahun ini juga menurun drastis dibanding tahun sebelumnya. Ditahun ini hanya ada 7 peserta yang mendaftarkan diri.

“Diakhir pengumpulan video, salah satu peserta memundurkan diri, jadilah hanya 6 peserta yang bersaing memperebutkan gelar juara,” bebernya.

Dirinya berharap, pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, sehingga kegiatan-kegiatan bisa kembali dilaksanakan seperti biasanya.

“Semoga ini bisa cepat berakhir, dan ditahun depan peserta akan lebih banyak lagi. Sehingga kita bisa menjaring anak-anak yang berpotensi untuk dikembangkan untuk bersaing dengan daerah-daerah lain.

BACA JUGA :  Pengelola Perpustakaan SMA Dapat Insentif Dari Dispersip Kalsel

Sementara itu Hasmi Yudi salah seorang penggiat seni yang didaulat menjadi salah seorang juri pada lomba ini, dirinya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan ini.

Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat bagus untuk mengembangkan kreatifitas dan kepercayaan diri anak. Dengan anak berani untuk bercerita dihadapan kamera ataupun penonton, akan membangun kepercayaan diri anak yang kuat.

“Anak-anak juga akan lebih mengenal akan sejarah ataupun legenda yang ada di Kabupaten Balangan melalui lomba ini,” imbuhnya.

Adapun juara pada lomba bercerita kali ini diantaranya Fatina Normalisa dari SD Pelajau Batumandi Kecamatan Batumandi sebagai juara I, Al-ghaisan Putra Prasa dari SD IT Darul Fiqri Balangan sebagai juara II, dan juara III diraih oleh Nur wahyu Riani juga dari dari SD IT Darul Fiqri Balangan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.