Salur Minat Masyarakat, Dispersip Kalsel Gelar Bimtek Tanaman Hias

0

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan kembali mengadakan talkshow secara virtual, pada Rabu (19/8/2020). Kali ini, tema yang diusung “Kelola Tanaman dengan Cinta untuk Kebahagiaan”.

KADISPERSIP Kalsel Nurliani Dardie mengakui fenomena pandemi Covid-19 yang belum usai mengharuskan masyarkat untuk bekerja dari rumah atau work from home. Dalam perkembangannya, masyarakat pun mulai melirik kegiatan berkebun untuk mengisi waktu senggang, yang kemudian berkembang menjadi sebuah tren.

Berangkat dari tren tersebut, Dispersip Kalsel menggelar kegiatan yang juga dibungkus dengan bimbingan teknis (bimtek) secara online, dengan menghadirkan narasumber ahli di bidangnya.

Bunda Nunung sapaannya mengatakan kegiatan yang tidak berhubungan dengan kepustakaan dan literasi sebagai bukti bahwa perpustakaan adalah tempat inklusi sosial.

“Sehingga dengan melakukan itu masyarakat bisa memperoleh pengetahuan praktis untuk meningkatkan keterampilan sehingga di harapkan juga kesejahteraan mereka jadi meningkat,” kata dia.

Praktisi pertanian Nove Arisandi, yang menjadi narasumber mengapresiasi talkshow virtual ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan soal tanaman hias.

“Acara seperti ini telah menyediakan panggung/wadah untuk kami untuk berbagi pengetahuan seputar tanaman hias agar para pencinta tanaman hias yang masih pemula tidak salah kaprah,” kata Nove.

Pembicara lainnya yaitu Dosen Psikologi FK ULM Neka Erlayani menambahkan, kegiatan ini menjadi wadah baru bagi masyarakat. Kendati hanya melalui virtual, talkshow ini menyajikan wawasan sesuai tren kekinian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi masyarakat memerlukan referensi informasi yang ringan dan aplikatif, untuk mampu mengelola emosi di tengah situasi ketidakpastian. Yaitu melalui aktivitas memelihara tanaman di rumah misalnya. Agar bisa dimanfaatkan oleh mereka buat nambah penghasilan sehari-hari,” ungkapnya.

BACA JUGA : Tanaman Hias Mulai Ngetren, Dispersip Kalsel Bakal Gelar Bimtek Virtual

Pembicara terakhir yaitu Ketua Perhimpunan Hortikultura Indonesia Komda Kalsel, Koordinator Magister Agronomi Faperta ULM Dr Hilda Susanti yang sekaligus merupakan moderator mengapresiasi talkshow virtual ini. Karena memadukan dua perspektif yang sangat berbeda, yaitu dari perspektif pertanian dan psikologi.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan spirit kepada masyarakat untuk mengelola tanaman dengan sepenuh hati dan cinta agar terjadi sinergi luar biasa ‘sehat tanamannya dan sehat jiwa raga si penanamnya’,” tukas Hilda. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.