Dokter Spesialis Paru Rp 10 Juta, Nakes Puskesmas di Banjarmasin Dikasih Insentif

0

INSENTIF tenaga kesehatan (nakes) di tingkat kelurahan dan kecamatan, akhirnya dibayarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin.

PETUGAS garda terdepan yang berjibaku melawan Covid-19 lebih awal menerima insentif tersebut diawali dari Kecamatan Banjarmasin Tengah sejak Kamis (28/5/2020) lalu.

Insentif tersebut dapat dicairkan karena syarat dan ketentuan seperti surat pertanggungjawaban (SPJ) sudah dinyatakan lengkap.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan, garda terdepan yang bertugas empat kecamatan lain beserta kelurahan yang ada di kota setempat bakal menyusul pada Selasa (2/6/2020) mendatang, secara bertahap.

BACA : Tangani Corona, Tim Medis RSUD Ulin Disuntik Insentif Rp 155 Ribu per Hari

Kemudian, lanjut Ibnu Sina, untuk insentif tenaga kesehatan di setiap puskesmas akan mulai dibayarkan terlebih dahulu di Puskesmas Pekauman, Teluk Dalam, Pemurus Baru. Sedangkan, untuk puskesmas lainnya bakal menyusul secara bertahap, sembari menunggu perbaikan laporan nakes setempat.

“Insentif Covid yang dibayarkan untuk dokter spesialis paru sebesar Rp 10 juta, spesialis lainnya Rp 7,5 juta, dan dokter umum sebanyak Rp 5 juta,” papar Ibnu kepada awak media di Banjarmasin, Sabtu (30/5/2020).

Insentif tersebut, menurut Ibnu, dianggarkan sesuai dengan aturan pemerintah pusat dan kategori tingkat kerawanan garda terdepan dalam bertugas untuk menangani pasien Covid-19 di Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Disuplai Rp 51 Miliar, DPRD Banjarmasin Telusuri Penggunaan Dana Penanggulangan Covid-19

Sebelumnya, Ibnu mengklaim bahwa insentif untuk garda terdepan yang berada dalam wewenang Pemkot sudah dianggarkan sebesar Rp 2 miliar di Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin.

Insentif tersebut dikatakan mantan anggota DPRD Kalsel ini dibayarkan untuk tenaga medis yang sudah bekerja selama tiga bulan menangani covid. Anggaran Rp 2 miliar yang berasal dari APBD Banjarmasin, dipastikan Ibnu Sina akan bisa bertambah apabila pandemi virus Corona terus membayangi Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.