Diduga Arus Pendek Listrik, 8 Rumah Terbakar di Jalan Manggis

0

MUSIBAH kebakaran melanda pemukiman warga Jalan Manggis Gang Belimbing dan Gang Nangka, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur, Jumat (29/5/2020) sekitar pukul 13.30 Wita.

AKIBAT amukan si jago merah itu, sebagian warga yang usai melaksanakan shalat Jumat langsung berhamburan menuju ke lokasi kebakaran di siang bolong itu.

Puluhan armada pun berdatangan mengepung lokasi dari segala penjuru. Untungnya, api bisa cepat bisa dipadamkan, karena air tersedia. Terlebih lagi, saat itu air sungai cukup dalam karena tengah pasang.

Tak kurang dari 45 menit, api sudah bisa dijinakkan petugas pemadam kebakaran dibantu warga sekitar.

BACA : Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk Pekapuran

“Untuk dugaan sementara, sumber api diduga berasal dari arus pendek listrik atau korsleting. Tapi itu menjadi kewenangan polisi untuk menerangkannya,” kata Aditya, warga Jalan Veteran kepada jejakrekam.com, Jumat (29/5/2020).

Usai kejadian, polisi langsung memasang garis polisi untuk keperluan penyelidikan penyebab kebakaran yang menghanguskan sedikitnya 8 rumah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin HM Hilmi menerangkan dari musibah kebakaran di Jalan Manggis, Gang Belimbing, Kelurahan Kuripan itu sedikitnya ada 8 rumah yang terbakar dengan tingkat kerusakan berbeda.

Ada 8 rumah dan satu buah bedakan empat pintu yang terbakar. Dari musibah kebakaran ini, sedikitnya ada 13 kepala keluarga (KK) dengan 39 jiwa terdampak.

BACA JUGA : Kebakaran di Pasar Buah Jalan Veteran

Para pemilik rumah yang hangus 100 persen itu adalah Arbainsyah. Sedangkan, rumah milik Muhammad Saleh, M Rasid, dan Guru Irham tergolong rusak berat, sedang hingga ringan.

Sedangkan, di Gang Nangka RT 18 Kelurahan Kuripan terdata milik Jimin rusak total 100 persen, dan rumah yang dihuni Jamnah, Asbullah dan Yadiansyah mengalami rusak sedang dan ringan.

Sedangkan, bedakan itu dihuni Andi Kuntadi, Didi, Iki dan satu kosong. Kepala Pelaksana BPBD Banjarmasin ini menaksir total kerugian akibat kebakaran itu mencapai Rp 1.152.000.000.

“Kami telah melakukan pendataan korban dari musibah kebakaran dan berkoordinasi dengan instansi terkait,” ucap Hilmi.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.