Jelang Idul Fitri, Disdag Balangan Pantau Harga Sembako

0

DINAS Perdagangan Kabupaten Balangan, lakukan pemantauan harga bahan pokok penting (Bapokting) di Pasar Induk Paringin dan Pasar Modern Adaro.

KEGIATAN ini dibagi menjadi dua tim, yang mana melibatkan beberapa SKPD, jajaran Polres serta Satpol-PP Balangan, dan masing-masing tim akan diarahkan ke tempat yang sudah ditentukan.

Kepala Bidang Kemeteorologian dan Pengawasan Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, Hedy Mulyawan menyampaikan, kegiatan ini dilakukan berdasarkan surat keputusan Bupati Balangan No. 188. 45/392/Kum Tahun 2020 tentang tim pengawasan keamanan pangan daerah.

BACA : Mudahkan Warga, Dinas PUPR Balangan Bangun Jembatan Di Desa Anjungan

Pembentukan tim ini pun tidak lain adalah untuk melindungi seluruh lapisan masyarakat yang berada di wilayah Balangan.”Terkait dimana kami wajib untuk menjamin keamanan pangan, artinya layak atau tidaknya untuk dikonsumsi sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku,” Ucap Hedy.

Hedy menegaskan, agar pembeli tidak segan untuk memeriksakan tanggal kadaluarsa pada setiap produk yang akan dibeli. ”Ketika kita berbelanja dimana pun telitilah sebelum membeli, pastikan produk yang kita beli itu aman dan layak untuk dikonsumsi,” tegasnya. Hedy berharap setidaknya kegiatan ini mampu memberikan satu pelayanan prima kepada masyarakat Balangan.

Sementara itu, Kepala Bidang Fasilitasi Dan Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, Sugiatun Mukminati menambahkan, utamanya dari kegiatan sidak harga pasar tersebut adalah untuk melihat ada tidaknya barang inflasi dan berapa jumlah barang inflasi yang terjadi.

“Untuk bawang merah hari ini rata-rata kisaran Rp 50 sampai 53 ribu per kilogram, dan gula sudah turun rata-rata kisaran Rp 16 ribu per kilogram, penjualan harga ayam dan telur turun karena adanya wabah Covid-19 yang menghambat pengiriman ke luar daerah serta daya beli masyarakat yang rendah,” terangnya. Sugiatun mengharapkan agar tidak sewenang-wenang dalam menjual barang yang tidak sesuai dengan harga yang sudah menjadi ketentuan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.