MTQ Ke-51 Kabupaten Barut Resmi Dibuka

0

MUSABAQAH Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-51 Tingkat Kabupaten Barito Utara (Barut) tahun 2020 resmi dibuka oleh Bupati Barut H Nadalsyah, dengan pemukulan bedug di Water Front City, Muara Teweh, Rabu (4/3/2020) malam.

ADA yang menarik pada pembukaan MTQ Barut kali ini. Yakni hadirnya H Dasrizal M Nainin, juara 1 MTQ Internasional Tahun 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia. Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini ikut mengisi acara pembukaan dengan melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Juga hadir Ustadz KH Rif’at Aby Syahid (pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah, Cicalengka, Jawa Barat), dalam kapasitasnya selaku juri Semesta Bertilawah MNCTV dan Qori Indonesia RTV.

Pembukaan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Barut ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Sekretaris Daerah, unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, dan ratusan masyarakat, serta rombongan kafilah dari sembilan kecamatan yang akan berkompetisi.

Sebagaimana mana tema yang diusung MTQ Barut, Bupati H Nadalsyah dalam sambutannya antara lain mengatakan, MTQ ini diharapkan kian mempererat ukuwah, menyiapkan generasi millenial yang berkualitas dan bermartabat, demi terwujudnya bangsa yang kuat.

Bupati berharap, dari kegiatan ini akan lahir generasi Qur’ani yang mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta secara kaffah.

“Melalui penyelenggaraan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Barito Utara ini, kita selalu berikhtiar agar Al’qur’an senantiasa dipelajari, dipahami dan diamalkan, hubungan silaturahim terjalin semakin akrab dan terjaga, baik antar sesama muslim maupun dengan non muslim,” ujarnya.

Kepada para kafilah, Bupati Nadalsyah juga menyampaikan ucapan selamat mengikuti MTQ. “Selamat bermusabaqah, fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan, termasuk berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam MTQ ini,” katanya.

Atas nama Pemerintah, Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berusaha dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ. “Harapan ke depannya, agar prestasi Kabupaten Barito Utara dapat mendunia sampai tingkat internasional,” tutup H Nadalsyah.

Elpi Epanop selaku Ketua Panitia mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Barut tahun 2020, serta mengajak kepada seluruh warga masyarakat Barito Utara untuk bersama–sama mensukseskan gelaran MTQ.

Pelaksanaan MTQ Ke-51 ini diharapkan dapat melahirkan generasi Qurani, yakni generasi yang cinta Al-Qur’an dengan memiliki keimanan dan ketakwaan yang kukuh, serta akan lahir qari dan qariah yang andal, serta dapat mengharumkan nama Kabupaten Barito Utara di tingkat provinsi hingga internasional. “MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Barito Utara diikuti sembilan kecamatan dengan jumlah kafilah sebanyak 569 orang,” tutup Elpi.

Acara pembukaan MTQ ditutup dengan ceramah dari Ustad KH Rif’at Aby Syahid. Dalam tausyiahnya diceritakan keistimewaan dalam membaca dan mengamalkan Al-Qur’an. “Bacalah Al-Qur’an, nanti pada yaumil masyar akan menjadi safaat bagi diri kita sekalian,” ujar Ustadz Rif’at.

Selain itu, Ustad Rif’at mengajak seluruh insan yang hadir untuk menjadi insan yang bisa mengagungkan ayat suci Al-Quran. “Dengan cintanya kita kepada Al-Qur’an, insya Allah menjadi insan yang sejahtera di dunia dan akhirat,” katanya.

Sebelum mengakhiri tausyiah, Ustadz mendo’akan agar hajat Bupati Barito Utara disampaikan oleh Allah SWT dan dikuatkan niatnya untuk kemajuan Kalimantan Tengah, khususnya Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.