Rusunawa Barut Sudah Siap Dihuni

0

PEMBANGUNAN rumah susun sewa (Rusunawa) yang diperuntukan bagi aparatur sipil negara, khususnya pegawai rumah sakit di Kabupaten Barito Utara (Barut), kini sudah siap dihuni.

KASUBDIT Penghunian dan Pengelolaan, Direktorat Rumah Susun, Ditjen Penyediaan Rumah Susun, Kementerian PUPR, Achiral Agustiansjah, Kamis (5/3/2020), mengatakan, saat ini aset rusunawa dengan 42 kamar hunian tipe 36 ini masih milik pemerintah pusat.

Namun, “Keseluruhan kamar hunian rusunawa ini nantinya diperuntukan bagi para ASN. Penyerahannya nanti, menunggu persetujuan pemerintah pusat,” katanya.

Disebutkan, pemerintah daerah dalam hal ini hanya menyiapkan surat keterangan atau sertifikat. Selanjutnya pihak Kementerian PUPR nanti mengundang pemerintah daerah untuk penyerahan, yang kemudian menjadi aset pemerintah Kabupaten Barito Utara.

Achiral Agustianjah menambahkan, pembangunan rumah susun yang sudah selesai ini merupakan bantuan pemerintah pusat, yang dibangun di kota Muara Teweh, sesuai dengan permohonan.

“Saat ini proses penyerahan masih menunggu. Tapi pekan depan rumah susun ini sudah bisa ditempati, khususnya bagi para pegawai rumah sakit,” ujarnya.

Dijelaskannya, penyerahan rumah susun ini juga menunggu persetujuan Presiden. Namun masalah ini harus diajukan, dan sekarang ini pihaknya meminta semua kelengkapan administrasi kepada pemerintah daerah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Barut, Jainal Abidin, saat mendampingi kunjungan mengatakan, aset rumah susun yang telah dibangun nanti diproses untuk hibah dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah.

“Sehingga nantinya menjadi aset daerah yang harus dipelihara. Untuk saat ini baru pada proses pengajuan. Tapi, semua yang diminta oleh kementerian akan dipenuhi sebagai persyaratan,” katanya.

Menurut Jainal Abidin, yang harus dipersiapkan pemerintah daerah ada tiga dokumen sebagai syarat. Serta, “Bagaimana kesiapan kita dalam menerima aset dari kementerian ke pemerintah daerah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.