Rumah Keluarga Pra Sejahtera Dipasangi Stiker

0

DINAS Sosial (Dinsos) Banjarmasin memasang stiker bagi warga kurang mampu di Banjarmasin. Pemasangan stiker dengan keterangan “Keluarga Pra-Sejahtera” untuk memastikan agar warga kurang mampu mengetahui haknya, serta distribusi bantuan dari pemerintah benar-benar tepat sasaran.

KEPALA Dinsos Banjarmasin Iwan Ristianto menyebut ada 21 ribu stiker yang akan dipasang di seluruh kawasan Banjarmasin.

Senin (2/3/2020), Walikota Banjarmasin Ibnu Sina sudah mengawali penempelan stiker tersebut ke sejumlah rumah warga kurang mampu di Kelurahan Teluk Tiram, Kecamatan Banjarmasin Barat.

“Jadi, jangan sampai lagi ada dikira warga miskin tidak menerima bantuan. Mungkin saja ada, laporkan ke Dinas Sosial jika dianggap layak akan diverifikasi,” katanya.

Dalam stiker tersebut terdapat keterangan jenis bantuan sosial yang diterima warga yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT), dan Beras Kota (Raskot).

Bantuan yang berhak diterima warga penghuni rumah akan ditandai ceklis atau contreng. Sebab tidak semua warga menerima semua bantuan tersebut.

“Contoh kasus jika dalam keluarga tidak ada pelajar atau anak sekolah, tentunya pemilik rumah tidak berhak menerima Kartu Indonesia Pintar,” jelasnya.

Walikota Ibnu Sina berharap dengan ini bantuan dapat tepat sasaran dengan adanya upaya verifikasi dan validasi. Selain itu, ia juga berharap adanya keberlanjutan, kontinuitas sehingga data yang diperoleh dapat menjadi database dalam sistem data terpadu.

“Data ini bisa dimanfaatkan nantinya bukan hanya dibidang sosial, mungkin juga kesehatan, layanan kesehatan bagi warga kurang mampu,” Ucap Ibnu Sina.

Pemkot Banjarmasin memperingatkan agar stiker tidak dicabut, karena hal tersebut dapat dinyatakan sebagai pengunduran diri dari warga penerima bantuan yang bersangkutan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.