RSUD Ulin Siapkan Ruangan Isolasi bagi Terduga Terjangkit Virus Corona

0

RSUD Ulin Banjarmasin, satu dari 100 rumah sakit di Indonesia yang ditunjuk pemerintah menjadi rujukan bagi penanganan pasien virus corona.

RUMAH sakit ini, sudah menyiapkan ruang isolasi untuk penanganan suspect atau pasien terduga terjangkit virus corona.

Ruang isolasi itu berada di Gedung Bougenville, yang memiliki delapan kamar tidur tidur. Gedung satu lantai itu, sudah lama dimiliki RSUD Ulin dan ruang-ruang isolasinya pernah digunakan merawat pasien penyakit menular. Seperti penyakit MERS, flu babi, dan flu burung.

“Kita punya satu gedung untuk tempat isolasi, khusus penyakit menular. Sudah lama kita siapkan. Di sana ada delapan tempat tidur.  Termasuk untuk virus corona ini. Tapi sampai saat ini, Alhamdulillah belum ada. Namun kami sudah siap,” kata Direktur RSUD Ulin dr Suciati, Selasa (3/3/2020).

BACA : Usai Ditunjuk Sebagai Rujukan Pasien Corona, RSUD Ulin Banjarmasin Pastikan Semuanya Siap

Diakui Suciati, nantinya bila ada suspect corona, maka akan ditempatkan di gedung isolasi itu, bersama pasien menular lainnya. Namun, terpisah ruangan dengan pasien lainnya.

“Antara satu ruang dengan ruangan lainnya, ada sekat pemisah. Selain itu, juga dilengkapi pintu ganda. Jadi dipastikan aman,” ujar Suciati.

Menurut Suciati, ruang isolasi itu, dilengkapi sejumlah peralatan khusus. Termasuk air conditioner atau pendingin udara yang mampu menyerap udara tekanan negatif.

Selain ruang isolasi, menurut Suciati, juga sudah disiapkan tim medis yang beranggotakan dokter ahli.  Termasuk ahli paru, jantung dan penyakit dalam.

Selain RSUD Ulin, di Kalimantan Selatan ada lagi rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan suspect virus corona, yakni RSUD H Boejasin, Pelaihari, Tanah Laut.(jejakrekam)

Penulis Deden
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.