Kalsel Provinsi ke-12 yang Membentuk HISSI

0

PENGURUS Pusat HISSI Bidang Organisasi dan Hukum Nina Kirana Poetri melantik jajaran Pengurus Daerah (PD) Himpunan Sterilisasi Sentral Indonesia (HISSI) Kalimantan Selatan. Selain pelantikan juga digelar Seminar Nasional bertema “Meningkatkan Pelayanan Sterilisasi Sesuai Standar Akreditasi dengan Mengutamakan Mutu dan Kesehatan Pasien”, di HBI, Sabtu (22/2/2020).

KEPALA Dinas Kesehatan Kalsel yang diwakili Kepala Bidang Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Ahmad Yanie mengatakan, dari 34 provinsi di Indonesia, Kalsel menjadi provinsi ke-12 terbentuknya pengurus daerah HISSI.

“Terbentuknya HISSI di Kalsel akan memudahkan kerjasama dengan organisasi profesi atau organisasi yang bergerak di bidang kesehatan, apalagi HISSI ini khusus menangani sterilisasi, terutama yang ada di rumah sakit,” katanya.

Ketua PD HISSI Kalsel Usman Retob mengatakan, untuk meningkatkan dan membesarkan suatu organisasi perlu kerjasama dalam menjalankan program organisasi. “Program kami adalah melakukan sterilisasi sesuai dengan standarisasi yang sudah ada sesuai dengan harapan akreditasi,” ujarnya.

Akreditasi itu adalah untuk sterilisasi central yang sudah masuk di dalam standar akreditasi Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) 1.1 yang dikeluarkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) di tahun 2019, yaitu Central Sterile Supplay Departemen (CSSD). “Ini masuk dalam pelayanan berisiko tinggi,” ujarnya.

Ia mengatakan, HISSI juga bisa menentukan akreditasi rumah sakit. “Sebelum tahun 2000-an banyak rumah sakit yang belum tersentarilisasi, tetapi memasuki tahun 2019 sudah sampai ke standar-standar sarana dan prasarana yang ada disterilisasi yang sudah diatur,” ujarnya.

Kepala Bidang Organisasi dan Hukum HISSI Pusat Nina Kirana Poetri berharap dengan adanya HISSI Kalsel bisa mengembangkan keilmuannya dan kompentensi yang bekerja disterilisasi, supaya bisa selalu update dan sesuai standar.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.