Kasus Tewasnya Mahasiswa ITB di Tambang Arutmin Diselidiki Polda Kalsel

0

TEWASNYA seorang mahasiswa tingkat akhir Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB), Ricky Parulian langsung diselidiki Polda Kalsel. Korban ditemukan tak bernyawa oleh warga sekitar di lokasi tambang milik PT Arutmin Indonesia di Desa Sangsang, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kotabaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (25/1/2020) lalu.

SEHARI setelah meninggalnya mahasiswa magang kampus ternama di Indonesia, pihak Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalsel telah melakukan pendampingi saat dilakukan autopsi terhadap jenazah korban oleh dokter forensik RSUD Ulin Banjarmasin.

Kepala Biddokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr H Erwin Zainul Hakim mengungkapkan dalam autopsi itu, sudah diperiksa jaringan otot dan cairan tubuh untuk pengambilan sampel dari tubuh korban.

“Untuk informasi sementara dari pihak rumah sakit yang menangani autopsi korban, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Saat ini, kami masih menunggu hasil Laboratorium Forensik Polri Cabang Surabaya. Hasilnya, 14 hari baru bisa diketahui,” ucap Kombes Pol dr H Erwin Zainul Hakim kepada awak media di Mapolda Kalsel, Jumat (31/1/2020).

Kepala Biddokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr H Erwin Zainul Hakim saat memberi keterangan kepada awak media di Mapolda Kalsel, Jumat (31/1/2020).

BACA : Kewenangan ESDM, Ombudsman Tepis Terbitkan Rekomendasi CnC Perusahaan Tambang

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani menambahkan kasus tewasnya mahasiswa magang ITB yang tengah bertugas meneliti di areal tambang PT Arutmin Indonesia telah ditangani pihaknya.

“Kami masih menyelidiki kasus ini, kalau memang ada unsur kelalaian, akan kami tindaklanjuti secara hukum,” tegas jenderal bintang dua ini.

Sebelum jasad Ricky Parulian dimakamkan di kampung halamannya, Rantauprapat di Sumatera Utara, korban ditemukan tak bernyawa di lokasi tambang PIT 4 PT Arutmin Indonesia, Desa Sangsang, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kotabaru.

Berdasar laporan Polsek Kelumpang Tengah, jasad mahasiswa Teknik Geologi ITB ini ditemukan warga setempat bernama Selamat, sepulang dari memancing sekitar pukul 10.00 Wita. Tubuh korban tergeletak dengan mengenakan alat pelindung badan.

Begitu mendapat laporan, polisi langsung mendatangi lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Selanjutnya, jenazah Ricky dibawa ke RSUD Pangeran Sumitra Kotabaru, hingga akhirnya dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.