Cegah Longsor di Bantaran Sungai, Warga Banua Lawas Tanam Bambu

0

CEGAH terjadinya longsor di kawasan bantaran Sungai Tabalong, masyarakat Banua Lawas tanam ribuan bibit bambu di sepanjang sungai di Kecamatan Banua Lawas, Sabtu (4/1/2020).

SEBANYAK 1.169 bibit bambu ditanam di tiga desa di Kecamatan Banua lawas, yakni di Desa Hapalah, Bangkiling Raya, dan Belangkiling. Penanaman dipimpin Camat Banua Lawas H Zainudin bersama Kapolsek serta Danramil Banua Lawas.

Camat Banua Lawas H Zainudin mengatakan, tujuan ditanamnya bambu untuk mencegah terjadinya longsor di sepanjang bantaran sungai di Banua Lawas.

“Semoga dengan ditanamnya bibit bambu ini dapat menyangga tanah hingga tidak terjadi longsor lagi seperti yang baru saja terjadi di Desa Bangkiling,” ujarnya.

BACA : Mengapa Banjarmasin Sering Terendam? Ini Analisis Ketua LPJK Kalsel

Zainudin mengatakan, bambu-bambu ini nantinya juga bisa digunakan warga untuk membuat kerajinan anyaman.

Sebab, bebernya, warga Desa Batang Banyu, Bengkiling, dan lainnya terkenal dengan kerajinan anyaman yang menggunakan bahan baku bambu.

“Kita berharap bibit-bibit bambu yang sudah ditanam ini bisa dipelihara warga sehingga bisa tumbuh subur,” pesan Zainudin.

Bibit bambu ini, ungkapnya, merupakan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabalong sebagai upaya penghijauan dan juga mengantisipasi terjadinya longsor.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.