Akhir Tahun, Trafik Data XL Axiata Naik di Kalsel dan Kalteng

0

HAMPIR  tak ada persoalan berarti yang menganggu layanan kepada pelanggan selama masa libur antara 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melalui masa liburan panjang akhir tahun dengan kinerja jaringan yang baik secara nasional, termasuk di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. 

Pada waktu yang sama, khusus trafik data di Kalsel dan Kalteng sama-sama mengalami peningkatan yang signifikan, masing-masing mencapai sekitar 19% dan 17% dibandingkan trafik di hari normal.  

Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai sekitar 300%.  Layanan data Game menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Web Browsing dan Streaming.

BACA: XL Axiata Bangun Perusahaan Patungan Dengan Princeton Digital Group

Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti mengatakan, kenaikan trafik data di kedua daerah tersebut sesuai dengan prediksi awal pihaknya karena trend penggunaan layanan data memang terus meningkat  saat libur panjang, seperti juga ketika lebaran lalu. 

“Kenaikan tersebut juga terpacu oleh terus meningkatnya jumlah pelanggan data di kedua daerah, selain tentunya intensitas penggunaan layanan data oleh kebanyakan pelanggan yang bertambah guna mengisi masa libur, upload foto dan video sepertinya sudah menjadi keharusan saat kita liburan di manapun dan kapanpun,” jelasnya.

BACA JUGA: XL Axiata Perkuat Layanan Komunikasi Di Area Haul Akbar Guru Sekumpul

Sesuai dengan perkiraan sebelum libur panjang, beberapa area yang mengalami kenaikan trafik data secara signifikan di Kalsel adalah Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, yaitu sekitar 22% dibanding hari normal. Apalagi di Banjarbaru sudah mulai beroperasi Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor sehingga menjadi pintu gerbang utama ke wilayah Kalsel baik dari wilayah dalam negeri maupun luar negeri. Martapura yang juga menjadi salah satu destinasi wisata lokal dan nasional, serta tujuan mudik lokal, juga memberikan kontribusi kenaikan trafik data, yaitu sekitar 64%.

XL Axiata juga telah memperkuat jaringan yang melayani area-area pusat keramaian dan aktivitas ekonomi di sekitar Kota Banjarmasin, antara lain di sepanjang sungai-sungai besar yang menjadi urat nadi ekonomi setempat. Termasuk juga di area yang meng-cover lokasi pasar terapung Lok Baintan di Sungai Martapura, yang menjadi tujuan wisata paling atraktif di Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. 

Sementara itu di wilayah Kalimantan Tengah, trafik data di Kota Palangkaraya sebagai ibukota provinsi naik sekitar 36%. Sementara itu, jalur Palangkaraya – Bandara Tjilik Riwut menjadi salah satu area yang juga mengalami kenaikan trafik. Jaringan data 4G XL Axiata juga telah meng-cover sepanjang ‪jalan raya yang menghubungkan Kalimantan Tengah – Kalimantan Selatan sepanjang sekitar 195 km. Selain trafik lokal, secara nasional sepanjang liburan akhir tahun ini, trafik data meningkat signifikan, mencapai sekitar 14% dibandingkan trafik di hari normal.(jejakrekam) 

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.