Usai Libur Panjang, Stok Pangan di Balangan Aman

0

STOK pangan di Kabupaten Balangan dipastikan aman dan terkendali pasca libur panjang natal dan tahun baru. 

AMANNYA stok pangan tersebut, langsung disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, Akhmad Fauzi.   

Ia mengatakan aman dan terkendali pangan di Bumi Sanggam ini,  berdasarkan pantuan langsung pihaknya di lapangan dengan cara memantau harga dan stok pangan yang ada di pasar-pasar di Balangan.

BACA: Insentif Marbut Masjid Di Kabupaten Balangan Naik

“Kita tiap minggu ada monitoring langsung ke pasar-pasar. Dari hasil monitoring tersebut, hingga kini tidak terjadi kenaikan harga maupun kelangkaan bahan pokok,’’ ujarnya.

Meski demikian, memang kata Fauzi, untuk LPG ukuran 3 kg masih sering terjadi kekosongan dan harga ikan haruan (Gabus-red) seminggu terakhir harga telur dan beberapa komoditi lainnya mengalami kenaikan meskipun tidak seberapa.

Untuk kasus gas LPG 3kg, lanjut dia, memang karena adanya pengurangan jatah. Sedangkan untuk bahan pokok lainnya mengalami kenaikan, lebih disebabkab permintaan yang meningkat dan stok dipasaran juga berkurang. “Terlepas dari itu, kondisi harga dan stok pangan kita masih aman,” tegasnya.

Mengantisipasi kenaikan harga menjelang libur panjang, menurut Fauzi, pihaknya sudah melakukan beberapa hal untuk mengantisipasinya diantaranya, memberikan himbauan kepada para pedagang besar untuk tidak menimbun barang dagangannya.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Bulog, jika terjadi kelangkaan atau kenaikan harga bahan pokok maka kita akan mengela pasar murah dengan penyedia bahan pokoknya dari Bulog,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.