Syukuri Hasil Panen, Warga Dayak Halong Gelar Aruh Baharin

0

BUPATI Balangan H Ansharuddin bersama Direktorat Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Tata S, didampingi Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, Dandim 1001 Amuntai-Balangan secara langsung hadiri acara Aruh Baharin yang digelar warga Dayak Halong bertempat di Desa Kapul, Minggu (27/10/2019).

ORANG nomor satu di Pemkab Balangan ini menyampaikan, ucapan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi telah diundang pada Aruh Adat ini. Kegiatan ini, kata Bupati, bukan hanya sekedar rangkaian adat yang dijalankan oleh masyarakat adat berupa kesyukuran atas hasil panen musim, namun juga salah satu sarana silaturahmi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Oleh karena, kata bupati, dirinya lewat aruh adat ini kekompakan dan kebersamaan selalu terjaga dengan baik serta juga terciptanya suasana aman dan kondusif.

BACA: Dayak Meratus Di Desa Kapul Bakal Gelar Aruh Baharin

“Saya juga berpesar agar kita semua khususnya para orang tua agar bisa mengawasi anak-anak kita dari bahaya penyalahgunaan narkoba, yang kini semakin banyak terjadi,” himbaunya.

Oleh karena itu, dirinya berharap, moment Aruh Adat Baharin ini dapat digunakan untuk  merapatkan barisan dan komitmen agar bahu membahu menjaga keamanan dan ketenteraman di tengah Masyarakat. Lebih lanjut dia menyebutkan, suatu daerah tidak akan mampu membangun dengan baik apabila tidak didukung oleh situasi yang kondusif.

“Saat ini Balangan sedang giat giatnya membangun, mari kita dukung dengan menciptakan situasi yang tenteram. Seperti hari ini, sangat jelas terasa bagaimana rasa kebersamaan dan kekeluargaan bisa kita rasakan dalam rangkaian aruh adat ini,” bebernya.

Sedangkan, Mandan, salah satun tokoh Desa Kapul sekaligus Ketua DAD Balangan menyampaikan, sebagai tuan rumah pihaknya sangat berterima kasih atas kehadiran bupati dan rombongan di balai adat Desa Kapul guna menghadiri aruh adat Baharin ini.

Aruh Baharin sendiri, kata dia, adalah upacara adat sebagai wujud syukur dan merayakan hasil panen yang berhasil bagi masyarakat adat Dayak Halong, serta ucapan terima kasih atas terkabulnya hajat-hajat yang pernah disampaikan.

“Aruh ini akan berlangsung sekitar 7 hari, dari tanggal 22 – 30 Oktober mendatang,  Balian dan tokoh adat Dayak kami undang hadir disini dari penjuru Pegunungan Meratus khususnya di wilayah adat Dayak Halong,” bebernya

Sementara itu, Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Tata S mengimbau kepada warga agar tidak menciderai pelaksanaan upacara adat dengan mengganggu keamanan dan ketertiban.

“Tetaplah menjaga keutuhan dan kekompakan sesama warga yang telah terjalin sejak lama, saling mendukung dan menghargai serta menghormati adat, budaya masing-masing,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.