RKPD 2020, Kabupaten Balangan Fokus pada Pengembangan Infrastruktur Daerah

0

PEMKAB Balangan, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Balangan, tahun 2019 ini, melaksanakan sejumlah program perbaikan jalan. Satu di antaranya yakni jalan di Kecamatan Halong menuju Desa Gunung Riut, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

DARI papan proyek yang tertulis untuk pelaksanaan tersebut, yakni pengerjaan peningkatan jalan Halong – Gunungriut, tertera biaya Rp 4.899.173.138.

Pengerjaan dilakukan sejak tanggal 26 Juli 2019, sementara waktu pelaksanaan selama 120 hari kalender yang rencananya bakal selesai pada 22 November 2019 mendatang.

BACA: Diakui Kemendikbud, Empat Budaya Balangan Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Tuhalus, menyampaikan ada beberapa ruas jalan yang dilakukan perbaikan pada tahun anggaran 2019. Khususnya untuk wilayah Kecamatan Halong, lanjut dia, khususnya di Kecamatan Halong menuju Gunung Riut  juga bakal dilakukan pengasapalan nantinya.

“Ada pula pelaksanaan perbaikan jalan dari Halong menuju Desa Tabuan tapi karena anggaran terbatas jadi tidak sampai ke desa itu, melainkan baru sampai ke Desa Penyambaran. Tahun 2020 mendatang juga akan kembali dianggarkan untuk perbaikan jalan,’’ ujar Tahalus.

Sebelumnya, Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan, jika sesuai RKPD 2020 pembangunan akan lebih fokus pada pengembangan infrastruktur daerah,  dalam upaya peningkatan kualitas layanan terhadap masyarakat.

Diantaranya pembangunan insfrastruktur tersebut, kata Bupati, yakni penyelesaian pembangunan S.D.I.T Al-Akbar, gedung olahraga indoor di garuda maharam dan di sport center, gedung KONI, Puskesmas tanah habang, dan pembangunan kebun raya Balangan.

Sedangkan untuk jalan dan jembatan juga telah dialokasikan untuk perbaikan, peningkatan dan pemeliharaan jalan, salah satunya jalan menuju dan di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi.

“Harapan kita, dengan terbangunnya infrastruktur publik yang mantap, maka hal ini akan memberikan dampak berlipat ganda bagi pengembangan ekonomi, pengembangan SDM dan kehidupan sosial masyarakat,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.