Ananda-Tugiatno Dampingi Harry-Yamin Pimpin DPRD Banjarmasin

0

EMPAT parpol pemenang Pemilu 2019 di Banjarmasin mengusulkan nama yang akan menduduki posisi pimpinan dewan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Banjarmasin, Jumat (13/9/2019).

DUA nama telah ditetapkan sebagai pimpinan dewan sementara adalah Harry Wijaya menduduki posisi Ketua DPRD Banjarmasin sementara. Sebagai pendamping wakil rakyat asal PAN, Partai Gerindra telah menunjuk HM Yamin menempati kursi Wakil Ketua DPRD Banjarmasin.

Kini, tinggal dua kursi pimpinan dewan yang belum terisi. Dalam rapat paripurna, Partai Golkar selaku pemenang ketiga mengusulkan Hj Ananda, eks Ketua DPRD Banjarmasin mengisi posisi wakil ketua dewan. Sedangkan, PDIP resmi menunjuk Tugiatno yang juga sekretaris cabang, mengisi posisi Wakil Ketua DPRD Banjarmasin.

BACA : Ada 8 Fraksi di DPRD Banjarmasin, PPP-Nasdem-PBB Gabungkan Diri

Empat nama ini pun selanjutnya diusulkan DPRD Banjarmasin ke Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk segera mendapat surat keputusan pengangkatan agar bisa segera dilantik.

Dalam rapat paripurna DPRD Banjarmasin yang dipimpin Harry Wijaya juga dibacakan pembentukan fraksi-fraksi di dewan. Termasuk, para ketua fraksi yang akan bersama membentuk alat kelengkapan dewan lainnya.

Untuk Fraksi PAN DPRD Banjarmasin diketuai Faisal Hariyadi. Sedangkan, Fraksi Gerindra ditunjuk Siti Rahimah sebagai ketua. PDIP mempercayakan ketua fraksi dipegang Suyato alias Awie. Menariknya, Partai Golkar justru menunjuk sang pendatang baru, Sukhrowardi sebagai ketua fraksi berdasar rekomendasi dari Ketua DPD Partai Golkar Kalsel Sahbirin Noor.

Sementara itu, Partai Demokrat mengutus Bambang Yanto Permono memegang kendali fraksi yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Banjarmasin. Begitupula, Fraksi PKB mempercayakan ketua fraksi ditempati sang Ketua DPC PKB Banjarmasin, Hilyah Aulia.

BACA JUGA : Dilantik Ketua PN Banjarmasin, Ini Formasi 45 Wakil Rakyat Ibukota Kalsel

Untuk Fraksi PKS, dipercayakan kepada Mathari dan fraksi gabungan PPP, Nasdem dan PBB bernama Fraksi Restorasi Bintang Pembangunan mempercayakan ketua fraksi kepada Arufah Arief yang juga Ketua DPC PPP Banjarmasin.

Anggota DPRD Banjarmasin dari Fraksi Golkar, Matnoor Ali F mengungkapkan usai pembentukan fraksi-fraksi serta unsur pimpinan fraksi, berikutnya dewan akan segera membentuk alat kelengkapan dewan lainnya.

“Ada empat komisi di DPRD Banjarmasin, nanti siapa yang jadi ketua, sekretaris dan bendahara komisi akan dibahas fraksi-fraksi di DPRD,” ucap Matnoor Ali kepada jejakrekam.com, Jumat (13/9/2019).

Ia menegaskan dalam rapat paripurna dewan juga disepakati membentuk panitia khusus (pansus) penyusunan tata tertib DPRD Banjarmasin periode 2019-2024. “Karena tata tertib belum dibuat, sementara ini kita pakai tata tertib yang lama,” ucap Sekretaris DPD Partai Golkar Banjarmasin.

BACA JUGA : Kisah Keluarga Besar Suripno Sumas, Sering Diskusikan Soal Banjarmasin

Senada itu, Ketua Fraksi Restorasi Bintang Pembangunan, Arufah Arief mengakui ada silang pendapat soal tata tertib. Namun, menurut dia, nantinya dalam panitia khusus penyusunan tata tertib akan dimasukkan unsur perwakilan dari semua fraksi.

“Nah, begitu tata tertib sudah terbentuk, baru melanjutkan pembentukan alat kelengkapan dewan lainnya seperti komisi, badan anggaran, badan musyawarah, badan kehormatan dan lainnya,” imbuh Arufah.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.