Ada 8 Fraksi di DPRD Banjarmasin, PPP-Nasdem-PBB Gabungkan Diri

0

HANYA tiga parpol di DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024 tak bisa membentuk satu fraksi. Akhirnya, PPP, Partai Nasdem dan Partai Bulan Bintang (PBB) menggabungkan diri dalam satu fraksi bernama Fraksi Restorasi Bintang Pembangunan.

SISANYA tujuh fraksi utuh melebihi syarat minimal adalah Fraksi PAN dengan 9 kursi, Fraksi Gerindra dengan 6 anggota dewan. Begitu pula, Fraksi Partai Golkar dengan 6 kursi. Sisanya, masing-masing lima kursi adalah Fraksi PDIP, PKS, PKB dan Partai Demokrat.

Ketua DPC PPP Kota Banjarmasin Arufah Arief mengakui hanya dua anggota dewan dari PPP, dirinya bersama M Rasyid Ridha, sehingga akhirnya mengajak dua koleganya dari PBB M Ismail Iberahim dan Yunan Chandra dari Nasdem.

“Makanya, kami membentuk satu fraksi gabungan bernama Fraksi Restorasi Bintang Pembangunan. Ya, ini tentu berbeda dengan hasil Pemilu 2014 lalu, kami bisa membentuk satu fraksi karena meraih lima kursi di DPRD Banjarmasin,” ucap Arufah Arief kepada awak media di DPRD Banjarmasin, Kamis (12/9/2019).

BACA : Perjuangkan Aspirasi Rakyat, Mahasiswa Minta DPRD Banjarmasin Tak Masuk Angin

Sesuai kesepakatan, Arufah pun ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Restorasi Bintang Pembangunan untuk diusulkan dalam rapat paripurna penetapan fraksi-fraksi di DPRD Banjarmasin pada Jumat (13/9/2019) ini.

Meski memiliki latar berbeda, Arufah hakkul yakin dalam satu fraksi bisa bekerjasama dan mengemban perjuangan aspirasi masyarakat lewat fraksi gabungan.

“Karena syarat minimal membentuk satu fraksi di DPRD Banjarmasin adalah empat kursi. Tentu, kami kekurangan dua kursi, sehingga menggandeng anggota dewan dari PBB dan Nasdem,” ucap mantan Wakil Ketua DPRD Banjarmasin.

BACA JUGA : Dilantik Ketua PN Banjarmasin, Ini Formasi 45 Wakil Rakyat Ibukota Kalsel

Terpisah, anggota DPRD Banjarmasin dari PKB, Zainal A Husni mengungkapkan percepatan pembentukan fraksi dibutuhkan dewan agar bisa segera membentuk alat kelangkapan dewan seperti komisi, badan musyawarah, badan anggaran dan lainnya.

“Sebab, dalam rapat paripurna istimewa usai pelantikan dewan, telah ditunjuk dua pimpinan DPRD sementara. Harry Wijaya sebagai Ketua DPRD Banjarmasin sementara didampingi HM Yamin selaku Wakil Ketua DPRD sementara. Jadi, dalam rapat paripurna besok, tinggal penetapan fraksi-fraksi di dewan,” tandasnya.(jejakrekam)

 

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.