Lebaran 2019, BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Peserta JKN-KIS Tetap Prima

0

PESERTA Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir jelang masa lebaran 2019. Sebab, mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota.

KEPALA BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Tutus Novita Dewi mengatakan di sela acara Konferensi Pers “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan” dimana komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS.

“Bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik walau diluar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar. Untuk pendaftaran bisa di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi Care Center 1500 400,” Jelasnya, Senin, (27/5/2019), dikantor BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin.

BACA: Per Maret 2019, Baru 59,98 persen Masyarakat Banjarmasin Terdaftar di JKN

Ia pun menerangkan, apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin ketentuan yang berlaku. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta, tegasnya.

Tutus juga mengingatkan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta yang status kepesertaannya aktif. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS.

BACA JUGA: Ini 31 Faskes yang Bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Banjarmasin

“Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran iuran JKN-KIS, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Selain itu, kami juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di-download secara gratis di Playstore. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam informasi penting,” katanya.

Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan khusus kepada peserta JKN-KIS. Di Kantor Cabang, Kantor Kabupaten/Kota Pulau Jawa, dan beberapa Kantor Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa, layanan khusus bagi peserta JKN-KIS disediakan mulai tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 pukul 08.00 -12.00 waktu setempat.

Pihaknya menjelaskan, saat ini telah dikembangkan fitur aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengadu SIPP) di rumah sakit untuk pendaftaran bayi baru lahir peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dperhitungan denda layanan, sehingga peserta tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

BACA LAGI: RS Ansari Saleh Jamin Pembatasan BPJS Kesehatan Tak Pengaruhi Layanan Pasien

“Selain di Kantor Cabang, selama masa libur lebaran kami juga membuka layanan khusus di rumah sakit melalui Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) rumah sakit, yang meliputi pendaftaran bayi baru lahir bagi peserta segmen mandiri, perhitungan denda layanan, dan penanganan pengaduan di rumah sakit, baik yang terkait dengan pelayanan rumah sakit maupun pengaduan yang perlu dieskalasi ke BPJS Kesehatan karena membutuhkan solusi segera,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi, mengaku Pemerintah Kota Banjarmasin siap mendukung upaya BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin dalam melakukan pelayanan kesehatan prima selama momen libur lebaran.

Menurut dia akan ada kurang lebih 3 Puskesmas di Kota Banjarmasin nantinya yang akan membuka layanan 24 jam dengan layanan khusus berupa unit ibu hamil hingga rawat inap. Ada pun 3 Puskesmas yang ditunjuk, yaitu Puskesmas Alalak Selatan, Puskesmas Pekauman dan Puskesmas Beruntung Jaya.

“Selain itu nantinya kami juga akan membuka layanan pemeriksaan medis di Duta Mall Banjarmasin pada tanggal 3, 4 dan 7 Mei 2019. Disana masyarakat Kota Banjarmasin dapat melakukan layanan medis ringan seperti pemeriksaan tekanan darah, timbang badan dan umum,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.