Mudik Lewat Kapal Laut Diprediksi Melonjak, KSOP Banjarmasin Bersiap

0

MEMASUKI arus mudik 2019, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin mulai mempersiapkan personel yang akan menjaga ‘ritual’ tahunan itu. Apel siaga persiapan mudik 2019 digelar di Terminal Keberangkatan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Selasa (21/5/2019).

APEL siaga persiapan arus mudik 2019 ini juga diikuti unsure pengamanan pelabuhan seperti TNI Angkatan Darat dan Laut, Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP), Pelindo III, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bea dan Cukai, Dinas Perhubungan, Distrik Navigasi, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, hingga Basarnas.

“Apel kesiapan menjelang arus mudik ini bertujuan untuk memastikan kesiapan kita untuk menghadapi lonjakan penumpang saat mudik lebaran. Kami juga membuka posko angkutan laut lebaran yang akan dimulai H- 15 tanggal 21 Mei 2019 sampai H+15 pada tanggal 21 Juni 2019,” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banjarmasin, Bambang Gunawan.

BACA : Diprediksi Ada 13 Ribu Penumpang Mudik Lebaran Via Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Ia menjelaskan apel kesiapan menjelang arus mudik ini juga dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan serta lonjakan penumpang. Sesuai prediksi Kementerian Perhubungan, arus mudik 2019 khusus untuk angkutan laut akan mengalami kenaikan.

“Seperti diketahui untuk angkutan udara dipastikan mengalami kenaikan harga tiket, akhirnya masyarakat akan beralih ke angkutan laut yang di tahun 2019. Kemungkinan angkutan laut akan menjadi primadona,” beber Bambang.

Ia mengungkapkan untuk memberikan kenyamanan masyarakat dalam memperoleh tiket angkutan laut, KSOP Banjarmasin telah meminta PT Pelindo III dan perusahaan jasa pelayaran untuk mengantisipasi keberadaan calo.

BACA JUGA : Hadapi Arus Mudik, PT DLU Siapkan 38 Armada Kapal

“Kami telah meminta pihak Pelindo III dan perusahaan jasa pelayaran jangan ada membuka loket penjualan di terminal, sehingga ini salah satu antisipasi adanya calo. Jadi masyarakat dianjurkan membeli tiket secara online, jadi bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan,”  tandas Bambang.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.