Diprediksi Ada 13 Ribu Penumpang Mudik Lebaran Via Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

0

MENGANTISIPASI lonjakan arus mudik penumpang, PT Dharma Lautan Utama (DLU) mempersiapkan dua armada kapal roro yang berkapasitas besar. Diprediksi ada 13 ribu calon penumpang yang akan menggunakan kapal laut dalam arus mudik lebaran tahun ini di Banjarmasin.

DUA kapal itu adalah Dharma Kartika IX yang berkapasitas 1.700 orang, kapal KM Kirana IX berkapasitas 1.300 orang. Sebagai cadangan, PT DLU turut menyediakan satu kapal KM Kumala yang berkapasitas 1100 penumpang dan mampu menampung 90 mobil.

Kepala Cabang PT DLU Banjarmasin, Anton Wahyuddin mengatakan sudah beroperasi untuk melayani penumpang rute pulang pergi Surabaya – Banjarmasin.

BACA : Hadapi Arus Mudik, PT DLU Siapkan 38 Armada Kapal

“Kapasitas untuk kendaraan pun jauh lebih banyak. Untuk Dharma Kartika IX bisa menampung kendaraan mencapai 200 unit, KM Kirana IX mencapai 150 unit, dan KM Kumala 90 unit,” ungkap Anton Wahyuddin saat ditemui  jejakrekam.com di Kantor PT Dharma Lautan Utama Jl. Yos Sudarso, Banjarmasin, Jumat (17/5/2019).

Pada Ramadhan tahun ini, PT DLU memprediksi peningkatan arus mudik H-10 lebaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Karena itu, beber Anton, manajemen DLU memiliki strategi agar penumpang tidak berjubel mendekati hari lebaran. Diungkapkan Anton, pihaknya bakal menaikkan tarif secara bertahap hingga hari H.

“Untuk tahap pertama yakni H-30 hingga H-20 tiketnya kami jual sebesar Rp 280.000 per orang. Lalu tahap kedua atau H-19 sampai dengan H-11 sebesar Rp 368.000 per orang. Sedangkan, tahap ketiga H-10 hingga Hari H dijual sebesar Rp 440.000 per orang,” terang Anton.

BACA JUGA : Jelang Mudik Lebaran, Harga Tiket Kapal Laut Dipastikan Naik

Ia mengakui dengan kenaikan tajam tiket pesawat, penumpang akan beralih mudik menggunakan jalur transportasi laut. “Kalau dari prediksi Kemenhub memang ada kenaikan sebesar 4,9 persen. Nah, berhubung momen ujian sekolah mendekati lebaran dan pasca pemilu masyarakat kemungkinan besar akan menunda berpergian,” ucap Anton.

Dia mengatakan pihaknya memprediksi jumlah keseluruhan penumpang selama Ramadhan yang menggunakan armada kapal laut lebih dari 13 ribu penumpang.

“Ini berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, penumpang terkonsentrasi mudik tujuh hari menjelang lebaran, karena biasanya masyarakat menunggu THR cair atau izin libur dari atasan,” tandas Anton.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.