Lomba Gugus Depan Unggul Kwarda Kalsel Tahun 2019

0

KWARTIR Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalsel menyelenggarakan Lomba Gugus Depan Unggul. Sebanyak 9 gugus depan berpangkalan di sekolah dasar di Kalimantan Selatan mengikuti lomba tersebut, pada 4 – 5 Mei 2019, di Pop Hotel Banjarmasin.

KETUA Harian Kwarda Kalsel Muhammad Rusli mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengundang nominasi peserta lomba gugus depan (gudep) unggul dan memverifikasi fortfolionya hingga dapat melanjutkan ke tingkat nasional.

“Kami berharap kepada gugus depan yang telah mengikuti kegiatan ini, agar dapat menyempurnakan portfolionya. Lakukanlah perencanaan yang matang tentang sistem administrasi gudep dan rencana kegiatan, dengan diiringi manajemen dokumentasi serta pengarsipan yang baik, sehingga saat tim visitasi datang kita dapat menghadirkan yang terbaik,” ungkapnya.

Tim visitasi (tim penilai) dilakukan langsung oleh Kwartir Nasional yang akan turun langsung ke provinsi seluruh Indonesia untuk menilai gudep yang berpangkalan di sekolah dasar seluruh Indonesia tersebut. Dan setiap provinsi akan dipilih satu untuk diikutkan lomba tingkat nasional.

Diungkapkan oleh Sekretaris Kwarda Kalsel, Zainal Abidin, dengan mengundang gudep yang akan mengikuti lomba tersebut, Kwarda Kalsel dapat memberikan rekomendasi peserta gudep terunggul untuk diverifikasi oleh tim penilai pusat.

“Kami berpesan kepada peserta untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti lomba ini. Dengan memperhatikan keterlibatan pihak sekolah selaku Mabigus, dan pembina gudep. Lengkapilah peran pembina dan mabigus dengan disertai pernah mengikuti kursus mahir,” ujarnya.

“Kemudian, lakukanlah pengarsipan administrasi dan dokumentasi secara rutin. Mulailah memperhatikan berkas-berkas gudep yang selama ini mungkin tidak termanajemen dengan baik. Serta buatlah trik dalam menyimpan dokumentasi kegiatan, agar saat diperlukan kita dapat mencarinya dengan mudah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Riyadi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.