Lepaskan Balon ke Udara, Pesta Perpisahan Siswa SMPN 4 Banjarmasin Meriah

0

USAI mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), kini jelang libur panjang Ramadhan, siswa kelas IX SMP dan kelas XII SMA sederajat menggelar perpisahan. Ada yang menghelat, ada pula melangsungkan secara sederhana.

KESAN sederhana namun meriah ditunjukkan SMPN 4 Banjarmasin. Sekolah yang terletak di Jalan Teluk Tiram Darat ini, menggelar pesta perpisahan siswa kelas IX dengan berbagai lomba dan seni bernafaskan Islam. Diawali pembacaan ayat suci Alquran, lantunan syair Maulid Nabi Muhammad SAW, hingga peragaan busana dari botol sisa air kemasan.

Pelepasan balon ke udara pun menandakan jika pihak sekolah siap melepas para siswanya untuk meraih cita-cita tertinggi. Para guru, orangtua siswa dan siswa sendiri tampak kompak.

BACA : Helat Pesta Perpisahan Siswa di Hotel, Kadisdikbud Kalsel Ancam Sanksi Kepsek

Kepala SMPN 4 Banjarmasin Syahrida pun di hadapan para siswa yang akan meninggalkan bangku sekolah menuju jenjang pendidikan lebih tinggi, tampak terharu. Pesta perpisahan yang berlangsung di halaman sekolah juga dihadiri para wali murid dan pengurus komite sekolah.

“Kalau dihitung jumlah siswa, SMP 4 Banjarmasin ini termasuk yang terbanyak se-Kecamatan Banjarmasin Barat. Bayangkan ada 900 siswa dari kelas VII, VIII dan IX yang menimba ilmu di sekolah ini,” ucap Syahrida.

Tak terasa, menurut dia, sudah tiga tahun para siswa yang akan dilepas telah bersekolah di SMP tersebut. Suasana hening pun terasa, ketika sang kepala sekolah ini mendoakan para siswanya akan berpisah dengan wadah menuntut ilmu tersebut.

“Alhamdulillah, para siswa telah mengikuti UNBK tahun ini dilakukan secara mandiri. Artinya, siswa kita tidak diikutkan ke sekolah lain. Ini sebuah kemajuan berkat semua pihak. Ada 267 siswa SMPN 4 Banjarmasin yang ikut UNBK ditambah 15 siswa dari SMP Terbuka 01. Total keseluruhannya, 282 siswa,” ucap Syahrida.

BACA JUGA : Malam Seribu Cahaya di Pengukuhan dan Perpisahan Siswa MTsN 3 Barito Kuala

Dia pun bersyukur semua siswa bisa mengikuti UNBK dengan lancar, dan diharapkan mendapat nilai terbaik agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA sederajat.

“Semoga siswa SMPN 4 Banjarmasin bisa meraih nilai tertinggi, setidaknya bisa masuk lima besar di Banjarmasin. Jaga nama baik SMPN 4 Banjarmasin, di mana dan kapan pun berada,” tutur Syahrida.

Kepada para orangtua siswa, Syahrida berpesan agar anak didiknya bisa melanjutkan sekolah sehingga tak tertahan hanya di bangku SMP saja. “Hari ini, kami nyatakan bukan perpisahan, tapi mengantarkan anak-anak kami menuju masa depan yang lebih baik lagi,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.