Pelaku Pencurian Padi Hasil Panen di HST Berhasil Dibekuk Polisi

0

KASUS pencurian gabah atau padi yang meresahkan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berhasil diungkap polisi. Ternyata sang pelaku adalah seorang sopir berinisial TS (26 tahun), warga Desa Pantai Batung, Kecamatan Batu Benawa dibekuk saat berada di Jalan Desa Kapuh, Barikin, Rabu (1/5/2019), sekitar pukul 09.45 Wita.

DARI mobil Avanza DA 8469 TK warna silver didapat barang bukti berupa 11 karung gabah. Aksi pelaku ini diduga telah melakukan pencurian sedikitnya tiga tempat kejadian perkara, yakni 12 karung masing-masing dari Desa Kayu Bawang Kecamatan Barabai dan Desa Aluan Bakti Kecamatan Batu Benawa serta 11 karung Desa Banua Kepayang, Kecamatan Labuan Amas Selatan.

Dalam konferensi pers di Mapolres HST, Rabu (1/5/2019), Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo didampingi Wakapolres HST Kompol Sarjani dan pejabat lainnya, menjelaskan aksi pencurian gabah yang meresahkan warga HST itu telah berhasil diungkap.

BACA : Sat Polair Polresta Banjarmasin Tangkap Pelaku Pencurian di Kapal TB Jala Artha 02

“Untuk tersangka TS dikenakan Pasal 362 KUHP tentang pencurian. Saat kejadian, korban usai memanen padi di sawah meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, saat itu pelaku mengambil padi kering menggunakan mobil Avanza,” tutur Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo.

Modus tersangka berpura-pura telah membeli gabah kering itu, saat korban tidak mengetahuinya. Berbekal laporan masyarakat, anggota Polsek Haruyan pun berhasil membekuk TS di Jalan Desa Kapuh Barikin, tepatnya di depan SPBU.

BACA JUGA : Pencuri 668 Sak Beras Miskin di Sungai Tabuk Ternyata Sekdes Lok Baintan

Selanjutnya, pelaku dibawa bersama barang bukti untuk proses penyidikan lebih lanjut. Motif pelaku mencuri gabah kering sementara untuk menafkahi keluarga.

“Atas kejadian ini, saya imbau agar masyarakat lebih hati-hati menyimpan hasil panennya. Yang pasti, kami selalu aktif melaksanakan patroli siang dan malam. Sementara, kasus ini akan dikembangkan, kalau ada TKP lain,” urai Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo.(jejakrekam)

 

Penulis Balsyi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.