Terpilih Jadi Anggota DPRD HST, Rachmadi Tak Tertarik Masuk Bursa Wabup

0

TERPILIH sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) periode 2019-2024, H Rachmadi Jingga hampir bisa dipastikan bisa menduduki kursi Ketua DPRD setempat. Namanya pun disebut-sebut masuk bursa calon wakil bupati yang akan dipilih Bupati HA Chairansyah dan DPRD HST.

NAMA Rachmadi Jingga sempat menguat bakal diusung Gerindra untuk diusulkan sebagai calon Wakil Bupati HST. Sebagai salah satu parpol pengusung duet Abdul Latif-HA Chairansyah dalam Pilkada HST 2015 lalu, Gerindra bermodal lima kursi bersama PKS dan Partai Bulan Bintang (PBB) masing-masing tiga kursi, kini tengah menyiapkan nama pengganti HA Chairansyah.

Chairansyah sendiri kini telah menjabat Bupati HST, menggantikan koleganya, Abdul Latif yang telah resmi diberhentikan Mendagri Tjahjo Kumolo dan dikuatkan lewat keputusan DPRD HST.

BACA : Tiga Parpol Pengusung Belum Sepakat, Tiga Nama Menguat di Bursa Cawabup HST

Saat ini, PKS sendiri telah mengusung kader senior yang juga mantan Wakil Bupati HST H Faqih Jarjani disebut-sebut sebagai kandidat terkuat calon wakil bupati. Sementara, PBB juga memutuskan untuk mendorong Berry Nahdian Furqan, politisi PDI Perjuangan dan Sekretaris PWNU Kalsel, masuk bursa calon Wabup HST.

Ketua DPC Partai Gerindra HST Rachmadi Jingga kepada jejakrekam.com, Rabu (1/5/2019) dipastikan terpilih mewakili daerah pemilihan (dapil) HST 1 (Kecamatan Barabai, Batu Benawa dan Hantakan) hasil Pemilu 2019 ini.

“Makanya, saya tak berminat untuk masuk dalam bursa calon Wakil Bupati HST. Saya lebih fokus untuk duduk menjadi wakil rakyat di DPRD HST periode 2019-2024,”  kata Rachmadi Jingga.

BACA JUGA : Empat Nama Tak Lolos, PKS Rekomendasikan Faqih Jarjani Jadi Cawabup HST

Ia mengakui namanya juga tidak masuk dalam bursa calon Wakil Bupati HST yang diusung Partai Gerindra. Menurut dia, kandidat wakil bupati nantinya akan diusung parpol untuk disampaikan ke Bupati HA Chairansyah dan DPRD HST.

“Kami akan umumkan nama calon Wakil Bupati HST pada 6 Mei 2019 nanti. Soal nama, tidak terdapat nama saya,” tegas Rachmadi Jingga.

Sementara itu, Sekretaris DPW PKS Kalsel Awan Subarkah memastikan nama Faqih Jarjani yang diusung sebagai kandidat parpolnya ke Bupati HA Chairansyah dan DPRD HST. Pengalaman Faqih Jarjani yang sebelumnya Ketua DPRD HST serta Wakil Bupati HST era Bupati Harun Nurasyid dipastikan bisa mendampingi Bupati HA Chairansyah dalam menjalankan roda pemerintahan dan kebijakan sisa masa 2016-2021 tersebut.

BACA LAGI : PBB Tetapkan Politisi PDIP Berry Nahdian Furqan Cawabup HST

Pemilihan dua nama yang diusulkan parpol pengusung akan memperebutkan 30 suara anggota dewan. Terdiri dari 8 kursi Golkar, lima kursi Gerindra, empat kursi PPP, tiga kursi masing-masing milik PKS dan PBB. Kemudian, dua kursi PDIP dan PKPI, serta satu kursi masing-masing diduduki kader Nasdem, PAN dan Hanura.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.