Besi Penghalang Dicabut, Dishub Pasang Traffic Light di Simpang Empat Pasar Martapura

0

PEMANDANGAN tak biasa terlihat di kawasan simpang empat Pasar Martapura/ Simpang Bakso Batuah, Selasa (14/8/2018). Biasanya perempatan ini tertutup dengan rangkaian besi penutup, tetapi pada siang tadi terlihat terbuka, bahkan banyak pengendara berhenti saat lampu merah menyala.

USAI apel Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-68, Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat Faisal dan Kasi Fasilitas Perhubungan Darat Riyantoni di Dinas Perhubungan Banjar Riyantoni bersama stafnya tengah sibuk di lokasi tersebut.

Berbagai persiapan dilakukan para petugas dengan memasang instalasi jaringan listrik. Ada yang menyaiapkan spanduk untuk imbauan bagi pengendara bahwa ada uji coba pengaktifan traffic clight atau lampu lalu lintas.

Setelah semua persiapan telah selesai. Kemudian, mereka juga menyeting durasi serta fase traffic light. Kemudian, tak lama dilakukan pengaktifan trafficlight dalam skema uji coba. Aktivitas ini langsung dipantau Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith.

“Uji coba pengaktifan traffic light merupakan terobosan Dishub Kabupaten Banjar dalam menata dan memperlancar arus lalu lintas di kawasan ini. Alhamdulillah, pengaktifan lampu lalu lintas ini tidak terjadi masalah, sehingga arus lalu lintas lancar. Bahkan, tak ada antrean kendaraan yang berlebihan,” ucap HM Aidil Basith kepada jejakrekam.com, Selasa (21/8/2018).

Menurut dia, sebelum uji coba ini, telah dilakukan analisis dalam pengaturan fase dan durasi efektif traffic light. Ia menegaskan uji coba ini akan berlangsung selama tiga hari, yang kemudian jadi bahan evaluasi dalam menentukan rekayasa lalu lintas ke depan. “Kalau dalam uji coba ini berhasil dan tidak ada permasalahan, kami akan aktifkan secara permanen,” ucap Aidil Basith.

Dia menjelaskan dalam uji coba ini juga dicek instalasi jaringan listrik, serta memasang spanduk berisi imbauan kepada para pengendara adanya uji coba traffic light. “Petugas kami juga memotong dahan atau ranting pohon yang menutup traffic light. Adapula yang membuka rangkaian besi yang selama ini menutup simpangan Bakso Batuah,” tunjuk Aidil Basith.

Senada itu, Kabid Lalu Lintas Perhubungan Darat Dishub Banjar, Faisal menjelaskan pengaktifan traffic light merupakan kerjasama Dishub Banjar dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Provinsi Kalimantan Selatan.

“Adanya traffic light ini berfungsi untuk meminimalisir kemacetan. Sebab, jalur ini merupakan jalur produktif atau padat terutama pada hari pasar. Selama ini, kawasan ini kurang enak dipandang mata karena simpang tersebut ditutup dengan rangkaian besi penutup sehingga fungsi simpang tersebut tidak efektif,” paparnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.