Panen Padi di Desa Gambah Dalam Barat, Pj Bupati HSS Turun ke Sawah

0

PENJABAT Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Dahnial Kifli pun rela kotor-kotoran dan langsung terjun sawah untuk merasakan memanen bulir-bulir padi yang menguning dengan mesin pemotong di Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan, Rabu (25/7/2018).

DIDAMPINGI Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Wijayanto, Kepala Dinas Pertanian Hulu Sungai Selatan (HSS) Fathurrahman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS Ruhaimi Alman dan Camat Kandangan Ronaldy P Putra, turut pula berdialog dengan kelompok tani se-Kabupaten HSS.

Dipandu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten HSS Hendro Martono dengan tema mendukung swasembada pangan nasional, dialog interaktif cukup seru. Apalagi, Kelompok tani Budi Bakti Desa Gambah Dalam Barat selaku pengelola sawah dan kelompok tani se-Kabupaten HSS, kepala desa dan lurah se-Kecamatan Kandangan, mendengar paparan dari sang kepala daerah.

“Program ini menjadi bagian dari mewujudkan swasembada pangan dan mendukung program revolusi hijau Gubernur Kalsel,” kata Dahnial Kifli.

Kepala Satpol PP dan Damkar HSS ini juga mengajak agar masyarakat, ketua RT dan kepala desa jangan membiarkan lahan-lahan tidur. “Jadilah, petani yang baik dan didiskusikan dengan para penyuluh terkait hal-hal yang menghambat pertanian,” ucapnya.

Dahnial memastikan Pemkab HSS melalui Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan lain-lain telah mengucurkan program mulai bibit dan lain sebagainya. “Kini, tinggal masyarakat yang menerima bantuan untuk lebih giat, lebih inovatif dan lebih kreatif untuk melaksanakan kegiatan pertanian,” ungkapnya.

Apalagi, masih menurut Dahnial, pada 2017 lalu, Kabupaten HSS telah berada di urutan keempat dalam memberi kontribusi produksi padi di Kalsel dengan total produksi 253.635 ton gabah kering.

“Saya berharap peningkatan produksi ini terus dilakukan dengan menggunakan benih unggul bermutu, penggunaan pupuk, alat mesin pertanian, pengolahan lahan, pengendalian hama dan penyakit tanaman serta pendampingan penyuluh pertanian,” kata Dahrial, seraya mengingatkan para penyuluh pertanian pro aktif dalam mendukung program swasembada pangan.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.