Husairi Abdi

Gambut Masih Lumbung Padi Terbesar Kedua di Banjar

0

KABUPATEN Banjar tetap mempertahankan diri sebagai sentra pertanian di Kalimantan Selatan. Begitu memasuki musim tanam pada MK 2018 Apsep Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar, Kodim 1006 Martapura, dan Kelompok Tani Sidodadari II menggelar syukuran dan panen padi pada MH 2017 Okmar di Desa Guntung Ujung, Kecamatan Gambut, Rabu (21/2/2018).

BUPATI Banjar KH Khailulrrahman didampingi Dandim 1006/Martapura, Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil serta pejabat lainnya, turut hadir dalam syukuran panen perdana di Desa Guntung Unjung, Kecamatan Gambut.

“Dari luas hamparan padi di wilayah ini mencapai 20 hektare dan menghasilkan gabah kering mencapai  5,4 ton per hektare dengan padi kualitas unggulan. Ini menandakan potensi wilayah Desa Guntung Ujung Kecamatan Gambut merupakan lumbung padi kedua setelah Kecamatan Martapura Barat,” papar Bupati Banjar.

Untuk itu, mantan Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Martapura ini mengakui keberhasilan itu tak terlepas dari kerjasama TNI khususnya Kodim 1006/Martapura, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura serta babinsa yang selalu membantu pemerintah daerah dalam membangun sumber daya alam melalui Upsus Pajale.

“Saya berharap Kabupaten Banjar tetap menjadi lumbung padi terbesar di Kalsel. Bahkan, menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 1006/Martapura Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil mengapresiasi dan mendukung terus pemerintah daerah dalam memajukan usaha tani masyarakat .Ia mengungkapkan dukungan dari TNI melalui Kodim Martapura,Koramil dan babinsa dalam membantu warga para petani adalah bukti betapa besarnya peran serta di masyarakat.

“Kami berharap kepada masyarakat petani,tetap terus berupaya meningkatkan produksi padinya kalau perlu dalam satu tahun panen dua kali,” ucapnya.

Anggota Gapoktan Sidodadari II Suryanto menaruh harapan besar kepada TNI dan pemerintah daerah untuk terus berupaya membantu para petani. Menurutnya, selama ini, gapoktan mereka mendapat bantuan bantuan mesin panen padi.

Dalam acara syukuran itu, Bupati Banjar KH Khalilulrahman didampingi Dandim Martapura juga menyerah bantuan mesin pompa air dan peralatan kompres penyemprot hama kepada gapoktan.(jejakrekam)

Penulis : Muji Setiawan

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Istimewa

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.